Diduga, 3 Sindikat Pedagang Rohingya Ditangkap

  • Whatsapp
Diduga, 3 Sindikat Pedagang Rohingya Ditangkap.

LHOKSEUMAWE – Tim Kodim 0103 Aceh Utara menangkap tiga orang diduga sindikat perdagangan manusia di sebuah SPBU Kota Lhokseumawe, Minggu (10/11/2020) malam.

Mereka diduga ingin membawa warga Rohingnya yang ditampung sementara di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Lhokseumawe ke Medan, Sumatera Utara.

Bacaan Lainnya

Ketiganya yaitu AJ, berperan sebagai agen dari Malaysia, MP seorang wanita asal Sumatera Utara, dan FN, perantara di Lhokseumawe.

Komandan Kodim (Dandim) 0103 Aceh Utara, Letkol Arm Oke Kristianto kepada wartawan, Senin (10/11/2020) menyebutkan mereka ditangkap saat sedang mengganti nomor plat mobil. “Awalnya ditangkap itu MP. Dia ini masuk ke kamp penampungan dengan gelagat mencurigakan. Lalu TNI yang berjaga disana mengintrogasi. Tak lama, datang temannya dengan mobil. Karena melihat MP di pos TNI, dia lalu kabur,” kata Letkol Oke.

Setelah itu, TNI langsung mengejar mobil tersebut dan berhenti di salah satu SPBU Lhokseumawe. “Sopirnya J sedang mengganti plat nomor. Mereka mau menyembunyikan diri dengan ganti plat nomor mobil,” katanya.

Setelah itu, barulah AJ ditangkap atas informasi yang diberikan J dan MP. Terungkap dari keterangan mereka ternyata mereka tidak saling kenal, diduga masih ada satu agen lagi yang belum berhasil ditangkap. Orang yang berperan sebagai perantara untuk berkomunikasi dengan ketiga orang tersebut.

“Keterangan mereka bahwa dapat untung Rp 12 juta atau 3.500 ringgit Malaysia kalau berhasil membawa warga Rohingnya ke Malaysia. Mereka belum menjelaskan siapa dalangnya. Ketiganya kita serahkan ke Polres Lhokseumawe untuk penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya. []

Pos terkait