Dihantam Ombak, Kapal Pengangkut Rombongan Pengajian Tenggelam di Pulo Aceh

  • Bagikan
wakatobi
Ilustrasi Kapal Terbalik. Foto: Ist

ACEH BESAR – Satu unit kapal boat nelayan yang berlayar dari Sabang terbalik, ketika memasuki perairan kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar, Kamis (20/6).

Informasi yang diperoleh Kanalinspirasi.com dari  Pusdalops-PB Aceh Besar dan Sabang, kapal dengan nomor lambung KM SKPT 29 berangkat dari Keuneukai menuju Pulo Aceh. Kapal membawa 39 orang penumpang, rombongan pengajian yang akan berziarah ke makam Almarhum Abu Adenan Pulo atau Abu Cek Pulo, di Gampong Lampuyang, kecamatan Pulo Aceh, Aceh Besar.

Memasuki perairan Pulo Aceh, kapal dihantam ombak besar dan angin selatan, mengakibatkan kapal oleng. Kapten Marzuki yang menjadi Nahkoda tidak mampu lagi mengendalikan kapal, sehingga kapal terbalik dan tenggelam sekitar 1 mil dari arus Lampuyang, perairan Pulo Aceh.

Penumpang yang sudah berlompatan ke air kemudian di selamatkan kapal KM SKPT 23 yang berangkat dari Sabang dengan tujuan yang sama.

“Seluruh penumpang selamat dalam musibah tersebut. Namun salah seorang penumpang dikabarkan sempat mengalami pingsan karena tenggelam, namun akhirnya berhasil diselamatkan,” sebut petugas Pusdalops-PB BPBD Aceh Besar, Ikbal.

Kerugian materil dari musibah kecelakaan laut ini diperkirakan 100 juta rupiah.

Seluruh penumpang sempat di evakuasi ke gampong Gugop, sebelum akhirnya dibawa ke desa Lampuyang kecamatan Pulo Aceh.

“Seluruh penumpang termasuk kapten kapal dalam keadaan selamat. Kita masih berkoodinasi dengan pihak Basarnas terkait musibah ini,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan