Dinkes Aceh Besar Dorong Gampong Cegah Stunting

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Dinas Kesehatan dan Bersama tim penggerak PKK Kabupaten Aceh Besar, mendorong masyarakat untuk mecegah terjadinya stunting di Gampong- Gambong dalam wilayah itu.

Demikian Kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita, SKM, M.Kes kepada wartawan saat berkunjung ke Gampong Teu Dayah Kecamatan Kuta Malaka, Selasa (2/3) petang Bersama Ketua TP PKK Aceh Besar Rahmah Abdullah, SH.

Bacaan Lainnya

Kehadiran Ketua TP PKK dan Kadis Kesehatan Aceh Besar ke Gampong tersebut dalam rangka meninjau Persiapan Pelaksanaan Rembuk Stunting yang dipusatkan di Gampong Teu Dayah Kecamatan Kuta Malaka Kabupaten Aceh Besar.

Keuchik Gampong Teu Dayah Safrul Hani kepada Kanal Inspirasi.com mengatakan kehadiran Rahmah Abdullah, SH selaku Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Besar dan ibu Anita, SKM, M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan beserta rombongan ketempat kami, untuk melihat keadaan warga kami sangat kami bangga, sebab para pejabat itu bisa melihat keadaan gampong kami yang terletak dikawasan pergunungan.

“Kehadiran orang penting di Aceh Besar bisa menjadi motivasi bagi masyarakat, guna meninggkatkan pelayanan Kesehatan warga, terlebih lagi saat ini, gampong kami masih menjadi desa binaan semoga dengan kehadiran Kepala DInas Kesehatan dapat mendefinitifkan Bidan Desa pada Gampong Teu Dayah ini” harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Anita, SKM., M.Kes memastikan bahwa pelayanan Kesehatan di Gampong Teu Dayah bisa berjalan dengan dengan baik, apalagi gampong ini secara akses sangat mudah terjangkau oleh tenaga medis.
“Kehadiran kami di Gampong ini, untuk melihat perkembangan gampong secara lebih dekat, terutama terkait dengan kasus stunting, jika ada bisa langsung dicegah, sebab gampong ini merupakan gampong binaan dan Teu Dayah Kuta Malaka mendapatkan peringkat kedua di Kabupaten Aceh Besar”, terangnya.

Ia menambahkan program pemerintah untuk menjadikan Aceh Besar Bebas Stunting, karena, kami mencoba lihat langsung keadaan anak anak di gampong Teu Dayah ini apakah ini benar. kami juga menghadirkan steak holder dengan tujuan dapat memaksimalkan SDM yang ada untuk menurunkan stunting di gampong Teu Dayah ini.

Untuk mencegah terjadinya stunting harus semua berperan, termasuk unsur perangkat gampong dan Pak Keuchik harus tahu jika ada warga yang memiliki anak stunting, Pemerintah Aceh Besar akan terus memantau warga dengan cara melihat langsung guna menurunkan angka stunting dan harapan geuchik dapat memanfaatkan dana desa untuk penurunan stunting di gampong ini.

Selain itu, orang tua harus lebih cerdas dimasa saat ini untuk melakukan inovasi makanan atau jajanan sehingga dapat menjadi anak tidak mengkonsumsi makan di luar rumah. (juf)

Pos terkait