Dinkes Aceh Besar Gratiskan Swab Antigen

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Aceh Besar, gratiskan swab antigen kepada masyarakat di Aceh Besar. swab antigen itu diberikan gratis kepada masyarakat. Namun, hanya diberikan kepada masyarakat yang mendesak atau urgency. Karena, stok yang dimiliki Pemkab Aceh Besar sangat terbatas.

“800 stok saat ini untuk penggunaan seluruh Masyarakat Aceh Besar sesuai dengan stok yang dimiliki di tempat pengambilan
di PSC dan Puskesmas yang miliki tenaga ahli,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar, Anita SKM MKes, Selasa
(29/12/2020).

Menurutnya, untuk mendapatkan hasil swab antigen dapat diperoleh di Puskesmas rawap inap seperti Puskemas Indrapuri, Ingin Jaya, Sukamakmur, Puskesmas Lhoknga, dan Puskesmas lainnya. Pemeriksaan swab antigen hampir mirip dengan pemeriksaan swab PCR Covid-19 melalui hidung. Namun, untuk swab antigen hasilnya lebih cepat dan sekitar 20 menit selesai .

Lanjutnya, swab antigen atau rapid test antigen adalah tes diagnostik cepat Covid-19 untuk mendeteksi keberadaan antigen virus Covid-19 pada sampel dari saluran pernapasan dan antigen terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi.  Menurut dia, antigen itu diberikan hanya kepada orang yang mendesak atau emergency melakukan perjalanan ke Pulau Jawa maupun Sumatera Utara.

Ditambahnya, biaya swab antigen di RSU swasta atau laboratorium lainnya milik pihak swasta sesuai peraturan Menkes RI harganya maksimal mencapai Rp 275.000 dan tidak semua RSU memiliki swab antigen. Namun, Pemkab Aceh Besar menggratisan swab antigen, untuk kalangan tertentu yang sifatnya mendesak.(*)

 

 

Pos terkait