Dinkes Kota Banda Aceh Gelar Pertemuan PIS-PK

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Dalam rangka upaya peningkatan dan penguatan pencapaian target program keluarga sehat, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh melaksanakan pertemuan tim pelaksana Program Indonesia sehat, Kamis (12/11).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh, Lukman,SKM, M.Kes ketika membuka acara mengatakan, pertemuan ini dilaksanakan bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pencapaian indeks keluarga sehat (IKS) Kota Banda Aceh melalui aplikasi keluarga sehat.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya pertemuan ini kita berharap ditahun 2020 ini Kota Banda Aceh bisa masuk dalam kategori Kota Sehat. Program keluarga sehat ini juga merupakan visi dan misi Wali Kota yang tertuang dalam RPJM Kota Banda Aceh yang sangat penting untuk kita mewujudkannya.” harapnya.

Disamping itu, M.Yusuf, ST, MPH dari tim PIS-PK Dinas Kesehatan Provinsi Aceh menyampaikan informasi penting tentang penggunaan aplikasi terbaru dalam hal melakukan monitoring dan penginputan data PIS-PK.

“Aplikasi ini nantinya dapat membantu kita dalam memantau data pelaksanaan program PIS-PK disetiap puskesmas, sehingga mempermudah tim dalam mengevaluasi perkembangan pelaksanaan intervensi untuk capaian target keluarga sehat,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinkes Kota Banda Aceh, Saifuddin A Malik, SKM, S.Sos yang didampingi oleh Kasie Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat, Syukriah, SKM, MKM, yang ikut serta mengkoordinir dan mendampingi peserta pertemuan, memberikan motivasi dan semangat kepada semua tim PIS-PK Puskesmas.

“Kiranya kita semua bisa terus menerapkan aplikasi terbaru dalam mengimplementasikan program PIS-PK ini agar keluarga-keluarga yang ada di Kota Banda Aceh dapat terus dilayani dalam mencapai status keluarga sehat. Tentu untuk mencapai target tersebut, kita harus berkolaborasi sesama tim dengan kuat dan memfasilitasi keberdayaan masyarakat dengan pendekatan keluarga,” terangnya.

drg. Juwariyah, Kepala Puskesmas Jeulingke yang ikut serta dalam pertemuan Evaluasi tersebut berkomentar, bahwa kegiatan memperkenalkan aplikasi terbaru dalam program PIS-PK ini sungguh sangat membantu dan memberikan informasi yang bermakna dalam melakukan monitoring dan implementasi keluarga sehat ini dilapangan.

“Kita berharap dengan aplikasi ini akan dapat mempermudah melakukan kegiatan pembinaan dan intervensi menuju keluarga sehat di lapangan nantinya,” tutupnya. (*)

Pos terkait