Disdukcapil Kota Sabang Raih Peringkat 1

  • Whatsapp
disdukcapil sabang
Kadisdukcapil Kota Sabang, Aidil Fitri S.H. Foto : Humas Pemko Sabang

SABANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sabang meraih prestasi setelah ditetapkan menjadi peringkat 1 bagi Kab/Kota yang memiliki dokumen kependudukan yakni Kartu Identitas Anak (KIA) dengan persentase tertinggi se-Indonesia.

Kadisdukcapil Kota Sabang, Aidil Fitri S.H menyebutkan, capaian kepemilikan KIA sampai November 2020 sebanyak 107,70 persen dengan jumlah 14.987 anak yang ada di Kota Sabang.

Bacaan Lainnya

“Ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kita semua, selaku aparatur dukcapil dan juga masyarakat Sabang yang sudah ikut mendukung ketertiban administrasi dan ketertiban untuk memenuhi hak masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan.” kata Aidil, Kamis (26/11).

Aidil mengatakan bahwa pencapaian jumlah pengurusan KIA ini diperoleh berkat sosialisasi dan kerjasama yang dilakukan oleh pihaknya dengan mengumpulkan data langsung ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Sabang.

“Kita selama ini berusaha melakukan komunikasi dengan lintas sektoral, stakeholder, serta melakukan upaya jemput bola ke sekolah-sekolah, seperti ke Playgroup, TK, SD, SMP, dan SMA, sehingga data yang diperoleh lebih efisien,” jelasnya.

Selain itu lanjutnya, pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) terus dilakukan selama pandemi ini. Pemohon dapat melakukan pendaftaran secara online, namun hasil cetaknya tetap diambil ke kantor Disdukcapil dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kita tetap berusaha untuk mempertahankan capaian 100% tersebut, bukan hanya KIA saja tapi juga dengan akte kelahiran, rekaman KTP-EL, akte kematian, dan itu terus kita kejar sampai dokumen kependudukan itu bisa mencapau 100%, agar hak-hak masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan dapat terpenuhi,” tuturnya. (*)

Pos terkait