Diskominfosan Aceh Teken Komitmen Pelatihan Operator SIGAP

  • Whatsapp

SABANG – Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Aceh, mengadakan pertemuan dengan kelompok informasi gampong (KIG) yang ada di Sabang, bertempat di aula Media Center Kota Sabang, Kamis (25/4).
Pertemuan tersebut, mengagendakan pelatihan untuk peningkatan kualitas KIG, sehingga mampu atau kompeten dalam hal memanfaatkan website gampong.id dan aplikasi sistem informasi gampong (SIGAP), untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik.

Dikatakan, kepala dinas kominfosan aceh, yang diwakili kabid pengelolaan informasi publik, Alfajrian AB, SE, MM, untuk memudahkan pihak gampong melayani kebutuhan masyarakatnya, maka diperlukan upaya-upaya untuk meningkatkan kemampuan kig, seperti pelatihan aplikasi sigap, website gampong id, sehingga kig dapat menginput data gampong, seperti data pendidikan, kesehatan, kependudukan, juga beberapa data lainnya.

“Yang ikut pelatihan ini, 18 geuchik, 18 ketua kig, dari 18 gampong di dua kecamatan, yaitu suka jaya dan suka karya, dan kami pun, menandatangani komitmen mendukung pelatihan ini,”ujar alfajrian.

Senada itu, kabid pengembangan kawasan SDA dan TTG, dari dinas pemberdayaan masyarakat dan  gampong (dpmg), Drs wardana M.Si, berharap aplikasi SIGAP dapat menjadi prioritas di gampong sebagai upaya mengumpulkan data terserak  yang dilakukan KIG.

Di acara pelatihan tersebut, sesi tanya jawab terbilang ramai, karena semua ingin menyampaikan unef-uneg yang terjadi di gampong mereka, dan salah satunya terungkap bahwa masih ada beberapa gampong di Sabang, yang belum terkoneksi dengan jaringan internet, tentu saja, hal ini harus menjadi perhatian serius pemerintah, pinta salah salah satu geuchik.

Pos terkait