Diskop UKM Aceh Dukung Wirausaha Pemula Bisnis Laundry

  • Bagikan
Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) membuka usaha laundry bagi Wirausaha Pemula (WP) di Kabupaten Aceh Besar, di Grand Aceh Hotel, Rabu 22 Juni 2022.

Kanalinspirasi.com, ACEH BESAR – Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) membuka usaha laundry bagi Wirausaha Pemula (WP) di Kabupaten Aceh Besar, di Grand Aceh Hotel, Rabu 22 Juni 2022.

Bimtek pendirian usaha laundry ini diikuti 30 peserta dan akan berlangsung selama empat hari, berlangsung empat hari, sejak 22 hingga 25 Juni 2022.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Diskop UKM Aceh,Safarudin SE mengatakan, bimbingan ini bertujuan untuk memberikan langkah langkah untuk memulai bisnis di bidang usaha laundry, yang bertujuan agar para peserta mengetahui langkah awal dan tantangan dalam membangun sebuah usaha tersebut.

“Salahsatu tantangan yang didapatkan oleh masyarakat dalam usaha laundry ini adalah memilih lokasi pasar dimana tidak ada usaha yang sejenis dan melihat para pesaing usahanya,” jelasnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Diskop UKM Aceh, Safarudin SE

Saifuddin mengatakan, usaha laudry masyarakat  terbagi dua,  yaitu usaha mikro dengan modal usaha 50 juta dengan omzet mencapai 300 juta, dan usaha kecil engan modal usaha diatas 50 juta dengan omzet mencapai 2,5 M.

Untuk bentuk perizinan usaha dan modal, masyarakat dapat membuat NIB (Nomor Induk Berusaha) pada DPMPTSP (Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu) Aceh selaku badan kepengurusan Modal dan Perizinan Usaha.

“Dengan adanya kegiatan bimbingan teknis ini, masyarakat dapat terbantu dalam pemenuhan ekonomi supaya kebutuhan sehari – hari dapat terpenuhi dan mewujudkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi dan berkelanjutan dalam bidang usahanya,” lanjutnya.

Kegiatan bimtek ini menghadirkan pemateri kompeten, diantaranya Fakhrurrazi Amir, Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala.

“Program ini diharapkan masyarakat bisa sukses dalam menjalankan usaha laundry serta mendapatkan ilmu untuk menjalankan usaha laundry,” pungkasnya.(adv)

  • Bagikan