Diskop UKM Aceh Harap Peserta Bimtek Mengurus Perijinan Usaha

  • Bagikan
Ketua penyelenggara Bimtek Diskop UKM Aceh, Abdah Syahdan (kiri) bersama peserta bimbingan teknis laundry

Kanalinspirasi.com, BANDA ACEH – Ketua penyelenggara kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang dilaksanakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) Aceh, Abdah Syahdan,S.STP menyampaikan, perijinan usaha bagi pelaku usaha sangat penting karena sebagai upaya kepastian hukum dalam mendaftarkan usahanya.

“Selama ini banyak pelaku usaha yang hanya mengurus perijinan saat sudah dibutuhkan sebagai syarat untuk menerima modal usaha dari pemerintah daerah,” katanya kepada Kanalinspirasi.com, Sabtu 25 Juni 2022.

Padahal, menurut Abdah Syahdan, saat ini mengurus perijinan usaha sangat mudah dilakukan. Jika sebelumnya harus melalui surat keterangan dari gampong, kini sudah bisa dilakukan secara online dengan aplikasi yang tersedia.

“Perijinan Berusaha bagi pelaku usaha mikro kecil saat sudah bisa diakses melalui sistem OSS berbasis resiko yang menjadi jawaban kemudahan sesuai UU Amanat Cipta Kerja,” jelasnya.

OSS berbasis resiko ini, lanjut Abdah Syahdan, membagi perijinan usaha berdasarkan jenis tingkat resikonya dan pengkategorian skala usaha, baik mikro dan kecil.

Usaha mikro adalah pelaku usaha yang memiliki omset sampai dengan 1 Milyar, sementara usaha kecil memiliki omset antara  1-5 Milyar.

“Perijinan usaha bagi pelaku usaha yang memiliki resiko rendah cukup berupa pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) dari OSS dan hal ini bisa diakses secaralangsung oleh pelaku usaha dengan mudah, cepat dan tepat,” pungkasnya.(adv)

  • Bagikan