Doa Masuk dan Keluar Rumah Sesuai Sunnah Nabi SAW

  • Bagikan
Ilustrasi membaca doa keluar rumah dan masuk rumah (Foto: Getty Images/iStockphoto/ferlistockphoto)

Kanalinspirasi.com, Jakarta | Berdoa kepada Allah SWT bukan hanya dilaksanakan setelah sholat atau ketika tertimpa kesulitan juga musibah. Tetapi perlu dilafalkan juga saat melakukan hal yang biasa dikerjakan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk berdoa ketika hendak keluar dan memasuki rumah.

Disebutkan dalam buku Doa Ajaran Ilahi oleh Anis Masykhur & Jejen Musfah, doa sebagai upaya memanggil Allah SWT dalam rangka mengajukan permohonan kepada-Nya. Doa juga adalah ibadah, sebab menyerahkan segala sesuatu kepada Allah untuk menyelesaikan permasalahan.

Dengan berdoa, seorang hamba berarti menyatakan apa yang dikehendaki bagi Allah untuk mendapatkan manfaat juga berkah serta menolak mudarat yang mungkin saja timbul dari hal yang diperbuat. Dan hendaknya seorang muslim berdoa dengan lafal yang tepat dan sesuai dengan apa yang dipintanya.

Berdoa Ketika Memasuki Rumah

Melansir Buku Induk Doa dan Zikir oleh Kasimun, ketika memasuki rumah alangkah baiknya untuk mengucapkan doa, zikir dan salam, baik saat rumah keadaan kosong maupun ada manusia di dalamnya. Hal ini didasarkan pada kalam Allah dalam Surah An-Nur ayat 61.

فَاِذَا دَخَلْتُمْ بُيُوْتًا فَسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِكُمْ تَحِيَّةً مِّنْ عِنْدِ اللّٰهِ مُبٰرَكَةً طَيِّبَةً

Arab Latin: fa iżā dakhaltum buyụtan fa sallimụ ‘alā anfusikum taḥiyyatam min ‘indillāhi mubārakatan ṭayyibah

Artinya: Apabila kamu memasuki rumah-rumah itu, hendaklah kamu memberi salam (kepada penghuninya, yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri dengan salam yang penuh berkah dan baik dari sisi Allah.

Nabi SAW dalam haditsnya yang diriwayatkan dari Anas bin Malik RA juga bersabda, “Rasulullah pernah bersabda kepadaku, “Hai anakku, apabila kamu memasuki (rumah) keluargamu, maka ucapkanlah salam, niscaya salam itu menjadi berkah atas dirimu dan atas anggota keluarga rumah tanggamu.” (HR Tirmidzi)

Bacaan doa masuk rumah dari Nabi SAW:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ المَوْلِج وَخَيْرَ المَخْرَج، بِاسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا، وَبِاسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا، وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma inni as’aluka khayr al-mauliji wa khayr al-makhraji bi ismillhi walajnaa wa bismillahi kharajna wa ‘ala Allahi Rabbanaa tawakkalnaa

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan tempat masuk dan kebaikan tempat keluar. Dengan menyebut asma Allah kami masuk, dan dengan menyebut asma Allah pula kami keluar, dan hanya kepada Rabb kami bertawakal. (HR Abu Dawud)

Bacaan salam yang dibaca, sama halnya dengan lafal salam ketika shalat. Tetapi bila seseorang memasuki rumah yang tidak ada penghuninya, ia dianjurkan mengucapkan lafaz salam dari Ibnu Sinni dalam kitab Muwaththa.

السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِيْنَ

Assalaamu ‘alaynaa wa ‘ala ‘ibaadi Allahi ash-shaalihiin

Artinya: Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kami dan kepada hamba-hamba Allah yang saleh.

Berdoa Ketika Keluar Rumah

Perihal doa keluar rumah hendaknya benar dibacakan. Sebab seseorang tidak pernah mengetahui keadaan di luar rumah seperti apa yang akan menimpanya, maksudnya seperti kemungkinan bertemu pelaku tindak kriminal atau hal lainnya. Untuk itu ada baiknya agar seorang muslim selalu berdoa kepada Allah SWT ketika keluar dari rumah.

Masih dari Buku Induk Doa dan Zikir, sebagaimana hadits Rasulullah dari Ummu Salamah, bahwa Nabi SAW mengucapkan doa keluar rumah berikut ini:

بِاسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أَضَلَّ، أوْ ازِلَ أَوْ أَزَلَّ، أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أَظْلَمَ، أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allahi, Allahumma inni a’udzubika an adhilla aw adhalla, aw azilla aw uzalla, aw adzlima aw udzlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya

Artinya: Dengan menyebut asma Allah aku bertawakal kepada Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu agar aku jangan sesat atau disesatkan; agar jangan tergelincir atau dijatuhkan, agar jangan berbuat aniaya atau teraniaya, dan agar jangan terjerumus ke dalam kebodohan atau dijerumuskan ke dalam kebodohan. (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i & Ibnu Majah)

Bacaan doa keluar rumah lainnya dari Rasulullah:
بِاسم اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، وَلَا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلا بِاللَّهِ

Bismillahi tawakkaltu ‘ala Allahi wa laa hawla wa laa quwwata illa bi Allahi

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. (HR Tirmidzi & Abu Dawud).

Sumber: Detik.com

  • Bagikan