Doa Menghilangkan Sawan pada Bayi, Insya Allah Ampuh Atasi Anak Rewel dan Demam

  • Bagikan
Ilustrasi Bayi Menangis. (Foto: Shutterstock.com)

Kanalinspirasi.com – Biasanya, anak kecil rentan mengalami hal-hal yang mungkin sulit diatasi bagi orang tua. Seperti tiba-tiba menangis kecang, histeris, rewel tanpa sebab, hingga mengalami perubahan perilaku yang tidak biasa.

Jika tiba-tiba anak menangis dan rewel tanpa sebab, banyak orang menganggap jika anak tersebut terkena sawan. Tak hanya menghampiri anak kecil, sawan juga bisa mendatangi orang dewasa lho. Maka dari itu kita dianjurkan untuk memperbanyak doa agar terhindar dari gangguan jin dan setan.

Melansir dari Bincang Syariah, ternyata sawan terdiri dari beberapa macam seperti sawan mayit, sawan manten, sawan angin, dan lain sebagainya.

Inilah mengapa terkadang, banyak orang tua melarang anak kecil atau bayi untuk ikut ke pemakaman. Sebab kadang setelah mendatangi pemakaman, anak jadi rewel dan demam tinggi. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi semua anak.

Sebagai orang tua tentu harus berhati-hati. Berdoa adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Bacaan doa menghilangkan sawan pada bayi perlu diketahui orang tua. Agar bayi mereka tidak rewel tanpa sebab atau demam tinggi secara mendadak.

Simak bacaan doa menghilangkan sawan pada bayi berikut ini.

Hadis Doa Menghilangkan Sawan Pada Bayi

Jika bayi terkena sawan, bacakan doa menghilangkan sawan pada bayi berikut ini. Doa ini sebagai bentuk permohonan perlindungan kepada Allah SWT.

Dalam Kitab Maslakul Akhyar karya Imam Sayyid Ustman bin Yahya, terdapat hadis yang menjelaskan doa menghilangkan sawan pada bayi.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُعَوِّذُ الْحَسَنَ وَالْحُسَيْنَ أُعِيذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ» ثُمَّ يَقُولُ: كَانَ أَبُوكُمْ يُعَوِّذُ بِهِمَا إِسْمَاعِيلَ وَإِسْحَاقَ

“ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memohonkan perlindungan untuk Al-Hasan dan Al-Husain (dengan berkata) ‘U’iidzuka bikalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah.’’ Kemudian beliau bersabda, ‘Sesungguhnya ayah kalian (Nabi Ibrahim) memohonkan perlindungan dengan kalimat itu untuk Isma’il dan Ishaq.” (HR. Abu Daud)

Doa Menghilangkan Sawan Pada Bayi

Berdasarkan hadis di atas, berikut bacaan doa menghilangkan sawan pada bayi:

‘U’iidzuka bi kalimaatillaahit taammaati min kulli syaithoonin wa haammah, wa min kulli ainin laammah.

Artinya:

” Aku berlindung pada-Mu dengan untaian-untaian kata Allah yang sempurna dari setiap setan, hewan mematikan yang berkeliaran pada malam hari, dan pandangan mata yang penuh iri dan dengki.”

Demikian itulah bacaan doa menghilangkan sawan pada bayi yang perlu diketahui para orang tua. Sehingga saat anak rewel atau mendadak berperilaku aneh, segera bacakan doa di atas dengan penuh harap kepada Allah. (DREAM.CO.ID)

  • Bagikan