Doa Sholat Tahajud Latin Lengkap dengan Terjemahan dan Cara Mengerjakannya

  • Bagikan
ILUSTRASI NET

Kanalinspirasi.com | Satu diantara amalan atau ibadah yang dianjurkan bagi setiap umat Islam adalah Sholat tahajud. Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dilakukan pada waktu malam hari. Dalam bahasa arab sholat sunnah tahajud disebut sebagai Sholatun Lail yang memiliki arti sholat malam.

Sholat tahajud sangat dianjurkan oleh Allah SWT. Sholat sunnah ini dikerjakan pada waktu sepertiga malam sampai sebelum waktu subuh. Kira-kira waktu sepertiga malam itu sekitar jam 01.00-04.00 sebelum masuk waktu subuh.

Perintah untuk mengerjakan sholat tahajud seringkali disebutkan di dalam al-qur’an. Beberapa di antara dalil yang menyebutkan adalah:

Artinya : “ Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji” (QS. Al Isra 79)

Ayat tersebut secara jelas menggambarkan tentang perintah untuk mengerjakan sholat tahajud sebagai sebuah ibadah tambahan. Dapat dilihat pula dalam ayat tersebut bahwa Allah akan mengangkat orang-orang yang senantiasa sholat tahajud ke tempat yang terpuji.

Meskipun dalam ayat tersebut terlihat bahwa Allah memberi perintah tetapi hukum sholat tahajud tetaplah sunnah. Dalam melaksanakannya sama seperti tata cara sholat wajib biasanya. Diawali dengan niat dan diakhiri dengan salam.

Salat tahajud ialah salat sunnah yang dikerjakan pada waktu malam, minimal dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Waktunya sejak setelah salat Isya hingga terbit fajar.

Waktu salat tahajud terbagi menjadi tiga, sesuai keutamaannya, yakni:

  1. Waktu utama : sepertiga malam pertama, kira-kira dari jam 7 malam atau sesudah salat Isya sampai dengan jam 10 malam.
  2. Waktu lebih utama : sepertiga malam kedua, kira-kira dari jam 10 malam sampai jam 1 pagi.
  3. Waktu yang paling utama : sepertiga malam yang ketiga, kira-kira dari jam 1 pagi hingga masuk waktu salat Shubuh.

Niat Sholat Tahajud

USHOLLII SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA

Artinya: “ Aku niat shalat sunnah tahajud 2 rakaat karena Allah Ta’ala.”

Cara Mengerjakan Sholat Tahajud

Pelaksanaan sholat tahajud dilakukan setiap dua rakaat salam. Jumlah rakaat sebenarnya tidak terbatas tetapi bila mengacu pada hadist Nabi SAW, bahwa Rasulullah SAW tidak pernah mengerjakan sholat tahajud lebih dari 11 atau 13 rakaat (HR. Bukhari)

  1. Niat
  2. Takbiratul Ihram (disertai dengan niat di dalam hati)
  3. Berdiri bagi yang mampu
  4. Membaca Alfatihah (lebih baik lagi jika membaca doa iftitah terlebih dahulu sebelum membaca surat Alfatihah). Setelah membaca doa iftitah dan alfatihah, bacalah surat atau ayat tertentu. Sebagai informasi membaca ayat atau surat tertentu hukumnya sunnah.
  5. Ruku dengan thumaninah
  6. I’tidal dengan thumaninah
  7. Sujud dua kali dengan thumaninah
  8. Duduk diantara dua sujud dengan Thumaninah
  9. Duduk akhir
  10. Membaca Tasyahud atau Tahiyyaat akhir pada duduk akhir
  11. Shalawat atas Nabi saw pada duduk akhir
  12. Salam yang pertama
  13. Tertib

Doa Sholat Tahajud Latin

Setelah mengerjakan sholat tahajud, umat muslim dianjurkan membaca doa setelah sholat tahajud. Doa ini bertujuan untuk memohon kepada Allah agar diberikan perlindungan, limpahan rejeki dan dikabulkannya doanya.

ALLAAHUMMA RABBANA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUSSAMAA WAATI WAL ARDI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WA’DUKAL HAQQU, WA LIQAA’UKA HAQQUN, WA QAULUKA HAQQUN, WAL JANNATU HAQQUN, WANNAARU HAQQUN, WANNABIYYUUNA HAQQUN, WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN.

ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU, WA BIKA AAMANTU, WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU, WA ILAIKA ANABTU, WA BIKA KHAASHAMTU, WA ILAIKA HAAKAMTU, FAGHFIRLII MAA QADDAMTU, WA MAA AKH-KHARTU, WA MAA ASRARTU, WA MAA A’LANTU, WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU, WA ANTAL MU’AKHKHIRU, LAA ILAAHA ILLAA ANTA, WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Arti Doa Setelah Sholat Tahajud

Artinya : Ya Allah. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi beserta makhluk yang ada di dalamnya. Milik Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Haq (benar), janji Mu lah yang benar, pertemuan dengan Mu adalah benar, perkataan Mu benar, surga itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para Nabi itu benar, Nabi Muhammad itu benar, dan hari kiamat itu benar (ada).

Ya Allah! Hanya kepada Mu lah aku berserah diri, hanya kepada Mu lah aku beriman, hanya kepada Mu lah aku bertawakkal hanya kepada Mu lah aku kembali, hanya dengan Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada Mu lah aku berhukum. Oleh Sebab itu ampunilah segala dosaku, yang sudah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. Tiada Tuhan selain Engkau, dan tiada daya upaya serta kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah

Istighfar Pendek

Setelah selesai membaca doa lengkap, lanjut membaca istighfar. Baik bacaan istighfar pendek maupun yang panjang.

ASTAGHFIRULLAHAL-ADZIIM WA ATUUBU ILAIIH

Artinya : Aku memohon ampun kepada Allah dan aku bertobat kepadanya.

Istighfar Lengkap

ALLAHUMMA ANTA RABBI, LA ILAHA ILLA ANTA KHALAQTANI. WA ANA ABDUKA, WA ANA ALA AHDIKA WA WADIKA MASTATHATU. AUDZU BIKA MIN SYARRI MA SHANATU. ABUU LAKA BINIMATIKA ALAYYA. WA ABUU BIDZANBI. FAGHFIRLI. FA INNAHU LA YAGHFIRUDZ DZUNUBA ILLA ANTA.

Artinya : Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau,

Setelah Berdoa dan Zikir

Apabila Anda mengerjakan salat Tahajud pada waktu sepertiga malam yang pertama dan kedua. Selanjutnya pergilah berbaring kembali tidur, sambil membaca ayat kursi, Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

Jikalau pada sepertiga malam yang ketiga, sambil menunggu adzan Subuh berkumandang, perbanyaklah berzikir dan berdoa menyampaikan segalanya pada Allah.

Curahkanlah segala kepenatan dan keinginan yang diharapkan. Setelah adzan Shubuh, Anda dapat melengkapi ibadah dengan salat sunnah Fajar dan salat Subuh, serta ditutup dengan membaca al-Matsurat pagi

Keutamaan Sholat Tahajud

Lalu, apa saja keutamaan shalat tahajud?

1. Dijauhkan dari Azab

Ibnu Hajar berkata: “ Yang menjadi dalil dari masalah ini adalah sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: ‘Sebaik-baik hamba adalah ‘Abdullah seandainya ia melakukan shalat pada sebagian malam.’ Kalimat ini mengindikasikan bahwa orang yang melakukan shalat malam adalah orang yang baik.”

Ia berkata lagi, “ Hadits ini menunjukkan bahwa shalat malam bisa menjauhkan orang dari adzab.”

2. Penghapus Dosa dan Mencegah Berbuat Dosa

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa sholat malam adalah ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini dapat mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

3. Melancarkan Aliran Darah Dalam Tubuh

Keutamaan ini dilihat dari sisi medis. Sholat Tahajud yang dilakukan pada waktu sangat pagi yaitu sekitar pukul 03.00 membuat tubuh menghirup udara yang segar.

Di jam itu kondisi udara memang sedang segar-segarnya. Sehingga ketika dihirup ia akan menggerak-gerakkan seluruh otot yang membuat badan segar seketika dan seluruh aliran darah terasa lancar.

4. Menenangkan Hati

Dengan melaksanakan sholat tahajud, seorang muslim akan mendapatkan ketenangan di dalam hatinya karena pada waktu itu Allah sedang dekat-dekatnya dengan hambanya.

Al-‘Allamah Ibnul Qayyim rahimahullah mengatakan, “ Cobalah renungkan bagaimana Allah membalas shalat malam yang mereka lakukan secara sembunyi dengan balasan yang Ia sembunyikan bagi mereka, yakni yang tidak diketahui oleh semua jiwa. Juga bagaimana Allah membalas rasa gelisah, takut dan gundah gulana mereka di atas tempat tidur saat bangun untuk melakukan shalat malam dengan kesenangan jiwa di dalam Surga.”

5. Doanya Dikabulkan

Dalam keadaan apa saja selama itu dalam kebaikan peluang doa dikabulkan oleh Allah itu ada. Apalagi ketika Allah sedang dalam kondisi terdekat dengan hamba-Nya.

Sumber: DREAM.CO.ID
  • Bagikan