Doa untuk Pasangan Hidup dan Amalan Agar Segera Bertemu Jodoh yang Saleh

  • Bagikan
Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)

Kanalinspirasi.com – Manusia ditakdirkan hidup berpasang-pasangan. Banyak orang yang masih single menantikan kehadiran pasangan hidup mereka. Banyak pria atau wanita yang tak putus memanjatkan doa agar mendapatkan pasangan.

Sambil menunggu kedatangan pasangan hidup yang dikirim oleh Allah SWT, hal terbaik dan terpuji yang bisa dilakukan setiap orang adalah memantaskan diri untuk menjadi versi terbaik dari diri kita.

Bacaan Doa Peringatan Upacara Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2022 yang Menginspirasi Kaum Muda
Tak hanya itu, kita juga dianjurkan membaca doa untuk mendapatkan pasangan hidup. Doa untuk pasangan hidup dibaca agar jodohmu segera didekatkan oleh Allah SWT. Karena mau bagaimanapun, jodoh adalah urusan Tuhan. Akan tetapi bukan berarti tidak diusahakan.

Berikut bacaan doa untuk pasangan hidup yang dapat kamu amalkan sebagai ikhtiar untuk mendapatkan pasangan.

Amalan untuk Mendekatkan Pasangan Hidup

Sebelum mengetahui bacaan doa untuk pasangan hidup, kamu juga perlu mengetahui amalan apa saja yang bisa dilakukan untuk mendekatkan jodoh. Berikut amalan yang perlu dilakukan agar segera mendapatkan jodoh yang diinginkan:

1. Percaya dengan Kuasa Allah SWT
Saat kamu membaca doa meminta jodoh yang baik kepada Allah, kamu harus yakin bahwa Dia akan mengabulkan doa-doamu. Sebab dengan keyakinan tersebut, Tuhan akan segera mengirimkan kepadamu jodoh yang terbaik untukmu.

2. Selalu Berdoa untuk Pasangan Hidup
Berdoa adalah hal yang dianjurkan dalam Islam, tak terkecuali saat menginginkan jodoh yang baik. Setiap doa-doa yang baik pasti akan dikabulkan oleh-Nya.

“ Sesungguhnya Allah SWT malu terhadap seseorang yang menadahkan tangannya berdoa meminta kebaikan kepada-Nya, kemudian menolaknya dalam keadaan hampa.” (HR. Abu Dawud, Tarmidzi, dan Ibnu Majah)

3. Meningkatkan Kualitas Diri
Selain berdoa meminta jodoh yang baik, kamu juga perlu meningkatkan kualitas diri baik dalam hal ibadah maupun skill.

Dengan memperbaiki kualitas diri, nantinya kamu benar-benar pantas untuk menjadi pendamping dari jodoh yang diharapkan. Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran surat An-Nur ayat 26 sebagai berikut:

“ Perempuan-perempuan yang keji untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji untuk perempuan-perempuan yang keji (pula), sedangkan perempuan-perempuan yang baik untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik untuk perempuan-perempuan yang baik (pula). Mereka itu bersih dari apa yang dituduhkan orang. Mereka memperoleh ampunan dan rezeki yang mulia (surga).” (QS. An-Nur: 26)

4. Memperbanyak Ibadah
Ikhtiar agar mendapatkan jodoh yang baik selanjutnya adalah dengan rajin ibadah baik wajib maupun sunah. Mudah-mudahan dengan rajin menjalankan sholat wajib dan sunah, maka akan semakin didekatkan dengan jodoh.

Sebagaimana dijelaskan dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 45 berikut ini:

“ Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan salat. Dan (salat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.” (QS. Al-Baqarah: 45)

5. Memperbanyak Dzikir dan Istighfar
Ikhtiar untuk mendapatkan jodoh lainnya adalah memperbanyak dzikir dan istighfar. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis yang artinya sebagai berikut:

Doa untuk Orang Meninggal Perempuan dan Cara Merawat Jenazahnya Sesuai Syariat Islam
“ Barangsiapa memperbanyak dzikir, niscaya Allah memberikan jalan keluar bagi setiap kesedihannya, kelapangan untuk setiap kesempitannya dan rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (HR. Ahmad dari Ibnu Abbas)

Demikian itulah amalan yang perlu dilakukan untuk mendekatkan pasangan hidup. Dengan ikhtiar lahir dan batin tersebut, semoga kamu segera mendapatkan jodoh yang baik dan sesuai dengan keinginanmu.

1. Doa untuk Pasangan Hidup
Jika jodoh tak kunjung datang, seorang Muslim harus sabar sembari terus memperbaiki diri dan beribadah kepada-Nya. Berdoa kepada Allah SWT adalah salah satu bentuk ikhtiar yang diharuskan. Berikut doa untuk meminta pasangan hidup yang bisa kamu panjatkan setiap selesai sholat:

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini wa dunyaa wal aakhiroh.

Artinya:

“ Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

Jika kamu laki-laki dan sedang mengharapkan jodoh untuk menemani sisa hidupmu, sebaiknya panjatkan doa di bawah ini supaya kamu segera mendapatkan jodoh yang diinginkan.

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibatan akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddunyaa wal akhiroh.

Artinya:

“ Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat.”

2. Doa untuk Pasangan Hidup
Allah SWT sangat menyukai hamba-Nya yang selalu berdoa dan meminta pertolongan-Nya. Meski belum dikabulkan, tapi Allah lebih tahu kapan doa itu akan dikabulkan. Termasuk doa untuk pasangan hidup agar segera didekatkan. Berikut lafal doa untuk pasangan hidup yang perlu diketahui:

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyatina qurrata a’yun waj’alna lil muttaqina imaman.

Artinya:

“ Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penentram hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

3. Doa untuk Pasangan Hidup
Sebenarnya banyak doa yang bisa kamu panjatkan agar segera mendapatkan jodoh. Berikut doa untuk pasangan hidup yang juga bisa kamu panjatkan:

Rabbi laa tadzarni fardan wa anta khoirul waritsiina.

Doa Merapikan Tempat Tidur Sesuai Sunah dan Amalan yang Perlu Dilakukan
Artinya:

” Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri dan Engkaulah Dzat Maha Waris Paling Baik.”

4. Doa untuk Pasangan Hidup
Selain membaca doa-doa di atas, kamu juga bisa mengamalkan doa yang dikutip dari Al-Quran Surat Al-Qashas ayat 24 berikut ini:

رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Artinya:

“ Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.”

  • Bagikan