Edi Kamal, Anggota DPRA yang Mundur dari PNS Mengabdi Sebagai Wakil Rakyat

  • Whatsapp
Edi Kamal Anggota DPRA
Edi Kamal, anggota DPRA 2019-2024 bersama Teuku Riefky Harsya, Anggota DPR RI Partai Demokrat

BANDA ACEH – Parlemen Dewan Perwakilan Rakyat Aceh kembali diwarnai wajah   baru dengan kehadiran politisi muda pantai barat selatan, Edi Kamal.

Lompatan politik putra kelahiran Nagan Raya ini tergolong mengagumkan. Pertama kali mencalonkan diri dalam Pemilu Legislatif lalu, Edi Kamal langsung mendapat kepercayaan sebagai wakil rakyat menjadi anggota DPR Aceh periode 2019 –  2024.

Bacaan Lainnya

Maju melalui Partai Demokrat dan mendapat nomor urut 5, Edi Kamal meraup 9.192 suara di daerah pemilihan Aceh 10, meliputi kabupaten Nagan Raya, Aceh Barat, Aceh Jaya dan Simeulue.

Edi Kamal Anggota DPRA

Namun ada hal menarik dibalik keberhasilannya dalam pesta demokrasi tahun 2019 ini. Terjunnya Edi Kamal ke dunia politik diawali dengan keputusan meninggalkan profesi sebagai ASN kesehatan, yang berdinas di Puskesmas Padang Panjang, Kabupaten Nagan Raya.

“Setelah memikirkan berbagai pertimbangan dan dukungan dari banyak pihak, dengan kebulatan tekad saya memutuskan mundur sebagai PNS untuk masuk dunia politik dan maju sebagai caleg, dengan harapan dapat memberikan pengabdian lebih besar kepada masyarakat, Alhamdulillah terpilih,” ungkap Edi saat diwawancarai Kanalinspirasi.com, Minggu (29/9), di sebuah warung kopi kota Banda Aceh.

Melalui jalur politik sebagai anggota legislatif, lanjut Edi Kamal, banyak yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat Aceh khususnya di wilayah pantai barat selatan.

“Selama bertugas sebagai PNS, saya melihat banyak hal yang perlu ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat, seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, lapangan kerja dan peningkatan perekonomian, ini akan menjadi fokus kita kedepan,” sebut pria yang pernah setahun menjadi relawan koordinator kesehatan masa darurat bencana gempa dan Tsunami Aceh.

Anak kedua dari 4 bersaudara ini juga menyebut sangat dibutuhkannya perhatian pembangunan di sektor pertanian, perkebunan hingga pariwisata di beberapa kabupaten pantai barat selatan Aceh yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

Edi Kamal DPRA

Edi berharap dengan kepercayaan sebagai wakil rakyat di DPRA, dirinya dapat lebih banyak memberi manfaat bagi masyarakat dan pembangunan daerah.

“Ini adalah tanggung jawab besar saya kepada rakyat yang telah memilih, selain doa saya sangat mengharapkan dukungan dan masukan dari seluruh masyarakat agar dapat melakasanakan tugas ini,” harapnya.

Saat ditanyakan tentang komisi yang diinginkan di DPRA, Edi Kamal menyatakan tidak memikirkan hal tersebut dan siap bekerja dengan semua tugas yang dibebankan.

“Dimanapun ditempatkan, saya siap mengabdi untuk rakyat, itu paling utama,” tegasnya.(*)

Edi Kamal DPR Aceh

Biodata  

Nama :  Edi Kamal, Amd. Kep

Tempat, Tanggal Lahir : Nagan Raya, 6 April 1980

Ayah: Zaman Huri

Ibu : Maryam

Istri : Nellyanti Skm

Anak : Ridhoyatul  Zaky,  Zia Nafil Khadafi, Aisyah Afika Shaliha

Pekerjaan : Petani dan PNS Puskesmas Padang Panjang, Nagan Raya  (2003-2018)

Pendidikan : SD Nigan, SLTP Jeuram, Kecamatan Seunagan, SPK Depkes RI Meulaboh, Poltekkes Aceh Prodi Keperawatan Meulaboh.

Pos terkait