Empat Rumah di Aceh Besar Terbakar Saat Penghuni Hendak Buka Puasa

  • Whatsapp

ACEH BESAR – Empat unit rumah di Gampong Gani, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar terbakar jelang waktu buka puasa, Kamis (29/4/2021).

Informasi yang diperoleh Kanalinspirasi dari  Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Aceh Besar, pukul 18.56 WIB Tim piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh menerima laporan adanya kejadian kebakaran di Gampong Gani.

Bacaan Lainnya

Petugas piket pemadam BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh menerima Informasi kebakaran rumah dari warga melalui telepon emergency 08116713113. Pihak Damkar BPBD Aceh Besar Pos Induk Sibreh mengerahkan empat unit armada pemadam dibantu satu unit dari Pos Kajhu dan dua unit armada DPKP Kota Banda Aceh. Upaya pemadaman didukung Di 30 personel pemadam kebakaran gabungan.

Setiba di lokasi kejadian petugas langsung melakukan pemadaman. Rumah berkontruksi kayu begitu cepat terbakar dan berimbas pada tiga unit lainnya dengan kondisi rusak berat dan rusak ringan. Pemadaman dan pendinginan selesai pukul 20.15 WIB.

Empat rumah yang terbakar, adalah milik Gunawan (41) dengan 1 KK/5 jiwa, konstruksi kayu rusak berat, Askalani (38), 1 KK/5 jiwa, jenis bangunan permanen, kondisi rusak berat, Rahmad Siswadi (37), 1KK/5 jiwa, jenis bangunan permanen mengalami rusak ringan, dan milik Sukri (60), 2 KK/9 jiwa, jenis bangunan semi permanen rusak ringan.

Dari keterangan warga setempat, saat kejadian rumah dalam keadaan kosong. Korban atas nama Gunawan dan Askalani dan keluarga sedang buka puasa di rumah saudara yang berdampingan dengan rumah korban. Meski tak ada korban jiwa namun hampir seluruh harta benda milik korban tak bisa diselamatkan, dikarenakan kondisi cuaca yang panas dan rumah yang berkontruksi kayu sehingga api begitu cepat dan mudah menghanguskan bangunan.

Penyebab kebakaran sudah dalam penanganan pihak yang berwajib. BPBD Aceh Besar telah berkoordinasi dengan Dinsos untuk penyaluran bantuan masa panik kepada korban kebakaran tersebut. (*)

Pos terkait