Fenomena Hujan Es Terjadi di Aceh Besar

  • Whatsapp
fenomena hujan es aceh besar
Ilustrasi Hujan Es. Foto: Ist

ACEH BESAR – Warga kabupaten Aceh Besar dikejutkan dengan fenomena alam jatuhnya hujan es yang terjadi, Jumat (12/7).

Salah satu kawasan yang mengalami hujan es di desa Lamkleng Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar. Munzir M.H (33) salah seorang warga setempat menceritakan, hujan es melanda desanya sekira pukul 15.00 WIB, saat pulang shalat Jumat dari Indrapuri.

Bacaan Lainnya

Karena turun hujan lebat disertai angin kencang, Munzir berteduh di sebuah warung kopi bersama temannya Fajri. Tiba-tiba mereka mendengar suara keras menimpa atap warung. Karena penasaran mereka keluar dan melihat butiran es sebesar biji jagung turun seperti hujan dan bertebaran di tanah.

“Saya lihat banyak sekali butiran es jatuh seperti hujan, bahkan ada satu yang sebesar mancis.” tuturnya kepada Kanalinspirasi.com.

Karena ada warga yang berkata es itu bagus untuk kesehatan, Munzir iseng memungut butiran hujan es tersebut kemudian mengunyahnya, sementara Fajri merekam video kejadian tersebut.

“Rasanya sama seperti es biasa,” kata Munzir sambil tertawa.

Hujan es yang terjadi, kata Munzir berlangsung sekitar hampir satu jam. Namun tidak ada kerusakan bangunan rumah warga yang ditimbulkan.

Informasi lain yang diperoleh dari BPBA, hujan es juga melanda kawasan desa Lampisang, Capeung dan Tanoh Abe kecamatan Seulimum selama 10 menit.

Fenomena hujan sebelumnya  terjadi di Kecamatan Jagong Jeget, Kabupaten Aceh Tengah, Minggu (7/7) selama 10 menit. Hujan sebesar kelereng menyebabkan 659 rumah warga rusak, serta area pertanian dan perkebunan masyarakat. (*)

Pos terkait