Finlandia Kembali Dinobatkan Jadi Negara Paling Bahagia

  • Whatsapp
finlandia negara paling bahagia
Ilustrasi Bendera Finlandia. Foto : Metropolitan.fi

JAKARTA –  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia untuk tahun ketiga berturut-turut. Negara itu dinilai lebih siap untuk menghadapi pandemi corona COVID-19 karena salah satu alasan yang sama ia mendapatkan peringkat teratas.

Berdasarkan  UN World Happiness Report (Laporan Kebahagiaan Dunia PBB) 2020, Finlandia dan negara-negara Nordik lainnya adalah masyarakat yang “sangat percaya”.

Masyarakat yang saling percaya satu sama lain dan pada lembaga-lembaga publik. Hal itu seringkali lebih tangguh dalam menghadapi bencana dan dapat bangkit kembali dengan lebih cepat, kata laporan itu, seperti dilansir Business Insider, Sabtu (21/3).

Dirilis pada 20 Maret 2020, laporan itu memberi peringkat 156 negara berdasarkan seberapa senang warga mereka memandang diri mereka. Tidak seperti negara-negara Nordik, Amerika Serikat bukan masyarakat yang sangat percaya, menurut World Happiness Report 2018.

Tahun ini, PBB mengatakan bahwa salah satu alasan utama Finlandia dinilai sebagai negara paling bahagia bisa membantunya menghadapi tantangan pandemi virus corona lebih baik daripada negara lain.

Virus Corona

Pada 20 Maret 2020, Finlandia memiliki 450 kasus corona COVID-19 yang dikonfirmasi. Awal pekan ini, Finlandia memperkenalkan langkah-langkah menyeluruh untuk mengendalikan virus, termasuk menutup semua sekolah dan universitas, melarang pertemuan publik lebih dari 10 orang.

Selain itu, Finlandia juga meminta untuk menunda kunjungan ke panti jompo dan fasilitas perawatan lansia lainnya, dan menutup perbatasan untuk perjalanan yang tidak penting sampai 13 April 2020.

Menurut Laporan Kebahagiaan Dunia PBB 2020, yang memeringkat 156 negara berdasarkan seberapa bahagianya warganegara mereka menganggap diri mereka, kepercayaan orang lain dan lembaga publik adalah elemen yang menentukan Finlandia dan masyarakat Nordik lainnya yang secara konsisten berperingkat tinggi.

Pos terkait