Ford Kembali ke Indonesia, Luncurkan Ford Ranger dan SUV Ford Everest

  • Bagikan
Ford Everest Foto: Ford

Kanalinspirasi.com, JAKARTA – PT Mitra Bisnis (MB), anak perusahaan PT RMA Group, mengumumkan rencana distribusi dan penjualan ritel mobil Ford di Indonesia.

PT MB sebelumnya mengelola purna jual Ford dan telah membangun hubungan dekat dengan pelanggan, komunitas, dan dealer Ford di Indonesia sejak 2016.

Country Manager RMA Indonesia Pinaki Mukherjee mengatakan selama enam tahun terakhir PT MB membangun hubungan dekat dengan lebih dari 30.000 pelanggan dan dealer.

“Kami memutuskan memperluas kehadiran otomotif kami dengan menghadirkan produk kelas dunia dan pengalaman kepemilikan khas Ford pada armada premium dan pelanggan ritel di Indonesia,” ujar Pinaki dalam keterangan resmi , Jumat, 18 Maret 2022 dilansir dari Tempo.co.

Peluncuran tersebut menghadirkan mobil Ford Ranger Pick-up dan SUV Ford Everest.

Ford Everest 7-seater dinilai sebagai SUV yang sempurna untuk keluarga besar di Indonesia. Sedangkan Ford Ranger adalah truk pick-up yang melayani berbagai kebutuhan pekerjaan, petualangan, dan keluarga.

Menurut Pinaki, PT RMA Indonesia sangat bersemangat membawa Ford kepada pelanggan setia di Indonesia. PT MB pun akan terus memperkuat hubungan dengan seluruh pemangku kepentingan
“Kami akan terus memberikan dukungan purnajual kepada pelanggan di 32 dealer dan melakukan beberapa rencana ekspansi ke depannya,” ujarnya.

Ford Ranger Wildtrak Foto: Ford

Marketing Manager Ford RMA Group Indonesia, Muhammad Irvan Mustafa, menambahkan, segmen mobil Ford terbatas. Saat ini belum menyasar segmen city car dan MPV.

“Masuk di tahun 2022 ini, varian-varian yang akan dijual di Indonesia itu ada Ford Ranger Raptor, Ford Ranger Wildtrak, Ford Everest yang 4×2 dan 4×4, serta Ford Ranger XLT dan XL. Jadi fokusnya memang lebih banyak di segmen SUV dan double cabin,” ujar Irvan dilansir dari detik.

Irvan mengatakan semua model di atas bakal dirilis pada semester pertama tahun 2022. Sementara mobil diimpor dari Thailand.

Ford Ranger merupakan kendaraan jenis double cabin. Mobil ini masuk dalam kategori kendaraan niaga ringan. Ford Ranger bakal berhadapan dengan pabrikan asal Jepang, mulai dari Mitsubishi Triton, dan Toyota Hilux.

Sejatinya, RMA Group Indonesia sudah mulai memasarkan Ford Ranger sejak tahun 2018. “Hanya untuk Ford Ranger di tipe XLT,” ungkap Irvan.

Merujuk pada situs Ford Thailand, Ranger dibekali opsi mesin 2.2L TDCI Turbo Diesel Engines yang dikawinkan dengan 6-percepatan manual atau otomatis. Di atas kertas bisa memuntahkan tenaga 160 PS dan torsi 385 Nm.

Selain itu tersedia juga opsi 2.0 Turbo Diesel Engine dengan power lebih besar yakni 180 PS dan Torsi 420 Nn. Untuk versi Ford Ranger Wildtrak mengusung 2.0 Bi-Turbo Diesel Engine yang lebih bertenaga yakni 213 PS dan torsi 500 Nm.

Produk lain yang ditawarkan Ford untuk Indonesia ialah Everest. SUV ladder frame bongsor dengan ciri khas buritan sporty dan kekar ala mobil buatan Amerika Serikat. Di Thailand, Mobil ini ditawarkan dua pilihan mesin diesel 2.0L Turbo dan 2.0L Bi-Turbo.

Ford yakin masih mendapatkan tempat di masyarakat Indonesia. RMA Group Indonesia berharap dengan hadirnya dua model tersebut bisa memberikan opsi mobil baru bagi masyarakat.

“Ford user di Indonesia pengguna dari Ranger dan Everest masih banyak dan cukup aktif. Dengan membawa produk yang saya sebutkan di awal itu menjadi sebuah lembaran baru,” ujar Irvan.(*)

  • Bagikan