Forum Mahasiswa Aceh-Dunia, Gelar Kenduri Beasiswa

  • Whatsapp
formad

BANDA ACEH – Forum Mahasiswa Aceh-Dunia (Formad), akan melaksanakan simposium pendidikan, dengan menghadirkan deretan pembicara, pakar, inspiratif, termasuk dalam jajaran masterclass di Aceh.

Para pembicara merupakan nama nama tenar, mulai dari Rektor Universitas Teuku Imar, ulama yang juga rektor IAI Al-aziziah, para dosen hebat dari Unsyiah, UIM Ar-Raniry, Esa University, ISBI Aceh, Kepala BPSD, anggota DPR RI, DPD RI, hingga para aktivis mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan di luar negeri maupun dalam negeri.

Rangkaian acara simposium pendidikan ini, akan dibuka langsung oleh Gubernur Aceh, juga akan dihadiri oleh anggota DPR RI asal Aceh, Illiza Sa’adudin Djamal, dan DPD RI, Fadhil Rahmi, serta Ketua Dewan Pembina, Surya Darma.

Kegiatan ini akan berlangsung Sabtu (14/11) waktu Indonesia. Acara ini digelar tanpa tatap muka langsung alias daring via teleconference, dari pukul 13.30-17.00 WIB.

Ketua panitia acara simposium pendidikan Formad, Kun Misbahul Nunawar menyampaikan, kegitan ini didasari tanggung jawab moral dan keilmuan pihaknya.

Selaku mahasiswa Aceh yang bergabung dalam Formad dan sedang kuliah di luar negeri maupun dalam negeri.

“Kegiatan ini didasari atas rendahnya minat anak-anak muda untuk melanjutkan kuliah keluar negeri. Jadi acara ini dimaksudkan untuk memberikan motivasi dan berbagi informasi kepada teman-teman, agar bisa juga melanjutkan kuliah ke universitas-universitas luar negeri,” kata Kun Misbahul Munawar.

Saat ini, katanya, anak muda Aceh lebih sibuk dengan dengan nongkrong di warung kopi dan game online, yang menguras waktu tanpa hasil yang ril, dari pada mempersiapkan diri untuk mendaftar kuliah lanjut strata 1 maupun strata 2.

“Ini yang kami rasa harus dibantu bersama-sama, karena masa depan Aceh ada di tangan anak muda sekarang. Itulah dasar kami mengadakan kenduri beasiswa,” ujar Kun Misbah.

Adapun nama nama pemateri acara Symposium Pendidikan Formad diawali oleh open speaker oleh Prof Jasman Ma’ruf, kemudian dilanjutkan oleh Dr Tgk Muntasir Ma, Dr Hizir Sofyan, Kepala BPSDM Aceh, Syariddin, Reza Idria Phd, Dhafi Iskandar, Tungang Iskandar, juga Azwir Nazar founder Cahaya Aceh.

Kemudian para awarde luar negeri akan memberikan hidangan kenduri tips dapat beasiswa, ke luar negeri, mereka itu di antaranya Maria Effiyana mahasiswa S3 Shanghai University, Aula Andika alumni Lehigh America, Akmaluddin IIA Sudan, Wildan mahasiswa s2 Monnash Australia, Fakhira SI kedokteran turki, dan juga para aktivis paguyuban Impas Jakarta Yunidar, dan Ikamapa Bogor Firdaus Noezula.

Acara akan dipandu oleh moderator Kun Misbahul munawar, mahasiswa Double Degree Khazar University Azerbaijan & Girona Universidad Spain.

Sementara Ketua umum Formad, Andri Munazar mengatakan, ini acara pertama yang dilaksana oleh Formad.

Dalam hal ini, komisi Pendidikan mengawali dengan semangat kenduri.

“Forum mahasiswa Aceh-Dunia adalah forum silaturrahmi dan komunikasi mahasiswa Aceh yang berada di manca negara,” pungkasnya. (mad)

Pos terkait