Foto: Pemantauan Hilal 1 Syawal 1440 H di Aceh

  • Whatsapp
Tampak Pengunjung melihat Posisi hilal menggunakan Teleskop dilokasi Observasi Kanwil Kemenag Aceh, Senin (3/6) sore. Foto: Dhanil - Kanalinspirasi.com

ACEH BESAR – Kantor Kementerian Agama Wilayah Propinsi Aceh menggelar Pemantauan Hilal di Lokasi Pemantauan Observasi Kemenag Aceh, Lhoknga, Aceh Besar, Senin (3/6) sore.

Pada saat pemantauan tersebut hilal belum nampak, dikarenakan posisi hilal masih diatas Ufuk,disamping itu Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin sudah menggelar sidang isbat di Jakarta, Senin (3/6) malam, dan pemerintah memastikan 1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu 5 Juni 2019.

Penetapan 1 Syawal 1440 Hijriah dilakukan setelah Menag menerima laporan pemantauan hilal dari sejumlah titik di Indonesia. Hilal dilaporkan tak terlihat.

Salah satu laporan disampaikan oleh ahli astronomi dari Planetarium Jakarta Cecep Nurwendaya. Dia menyebut tidak ada referensi yang menunjukkan bahwa hilal 1 Syawal 1440 Hijriah akan teramati hari ini di seluruh wilayah Indonesia.

Analisisnya itu didasarkan pada pengamatan tim pemantau hilal di Palabuhanratu, Jawa Barat. Menurutnya, fraksi iluminasi hilal di wilayah tersebut hanya 0,07 derajat.

 

Pos terkait