Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Bengkulu

  • Whatsapp
Ilustrasi gempa. Foto : Shutterstock

BENGKULU – Gempa bumi mengguncang Bengkulu pada Selasa (7/7). Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa di Bengkulu bermagnitudo 5.2.

Gempa terjadi pada pukul 13:16 WIB. Lokasi gempa berada di 250 kilometer Tenggara Enggano-Bengkulu. Titik lokasi gempa pada kedalaman 10 kilometer. Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Bacaan Lainnya

“Gempa tidak berpotensi tsunami,” kata Kepala BMKG Stasiun Kepahiang Bengkulu Litman kepada Kompas.com, Selasa (7/7).

Gempa terjadi di wilayah Samudera Hindia, di kawasan pantai barat Sumatera.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,2.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,29 LS dan 103,24 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 241 km arah Tenggara Enggano, Bengkulu pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam di bawah lempeng Eurasia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kecamatan Limau Tanggamus, Lampung I-II MMI, atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar. Masyarakat juga diminta memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa.

Sementara itu, getaran gempa tidak dirasakan oleh sebagian warga Bengkulu. Namun sejumlah warga lain merasakan getaran gempa tersebut.

Pos terkait