Gubernur Aceh Bagi Bingkisan Lebaran untuk Nakes di RS Rujukan Covid-19

  • Whatsapp
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah didampingi Istri Ny. Dyah Erti Idawati serta Sekda Aceh, Taqwallah dan Kepala Biro Humpro Setda Aceh, Muhammad Iswanto menyaksikan penyerahan bingkisan untuk Petugas Pinere, yang diserahkan Oleh Kepala Biro Umum Setda Aceh, Akmil Husen, kepada Direktur RSUDZA, Isra Firmansyah di Ruang Pinere RSUDZA, Banda Aceh, Kamis, (13/5/2021).

BANDA ACEH – Sebagai wujud perhatian terhadap para pejuang di garda depan melawan Covid-19, Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, kembali berkunjung ke Rumah Sakit Rujukan Covid-19 RSUDZA pada hari pertama lebaran Idul Fitri, Kamis, (13/5/2021).

Pada kunjungan kali ini, figur nomor satu Pemerintah Aceh itu menyerahkan santunan hari raya dan bekal makan siang kepada seluruh petugas kesehatan Covid-19 di rumah sakit tersebut.

Bacaan Lainnya

Kedatangan orang nomor satu di Aceh itu, ikut didampingi istrinya, Dyah Erti Idawati, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh, Taqwallah, Ikut juga mendampingi, Kepala Biro Humas dan Protokol, Muhammad Iswanto, dan Kepala Biro Umum, Akmil Husen.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mengatakan, penyerahan santunan hari raya dan bekal makan siang itu merupakan bentuk kepedulian dan dukungan, dengan harapan seluruh petugas kesehatan di rumah sakit rujukan tetap semangat menjalankan tugasnya.

“Kita berharap tenaga kesehatan kita tetap kuat dan sehat, karena mereka ini adalah ujung tombak dari penanggulangan Covid-19. Saya mengandalkan semua tenaga kesehatan yang ada baik di RSUDZA maupun di rumah sakit rujukan kabupaten kota, dalam penanggulangan Covid-19,” kata Nova.

Nova pun menyampaikan rasa terimakasih kepada para Nakes yang tetap bekerja keras di tengah tren Covid-19 yang mengalami peningkatan kasus saat ini di Aceh. Ia menilai kerja keras Nakes selama ini sudah cukup baik dalam memberi pelayanan perawatan pasien dan berharap dapat terus dipertahankan.

“Kita harus selalu siap siaga, kami pemerintah provinsi dan kabupaten kota mendukung sepenuhnya tenaga kesehatan baik secara fisik maupun psikologis,” ujar Nova.

Rumah sakit merupakan muara akhir dalam penanggulangan Covid-19. Sementara penerapan protokol kesehatan yang disiplin oleh semua pihak menjadi peran utama dan penting dalam menghalau virus corona menginfeksi setiap orang di Bumi Serambi Mekkah, kata gubernur.

“Sekali lagi saya harapkan semua pihak untuk menahan diri tidak mudik sampai libur berakhir. Kalau ada satu dua ASN Pemerintah Aceh yang terpaksa mudik, saya minta segera kembali agar kita bersama-sama bahu membahu mendukung menanggulangi Covid,” kata Nova.

Dalam kesempatan yang sama, Nova dan istri Dyah Erti Idawati juga memantau langsung lewat ruang monitoring kondisi beberapa pasien Covid-19 yang sedang dirawat. Melalui saluran telepon ia juga berbincang langsung untuk memberi semangat kepada pasien agar tetap kuat melawan virus corona.

“Makan yang banyak dan tetap semangat, para tenaga medis akan selalu memberi perawatan terbaiknya. Ketenangan diri sangat penting dalam proses penyembuhan,” ujar Nova kepada salah satu pasien.

Bahagia dan Berterimakasih

Salah satu dokter di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 RSUDZA yang menerima bingkisan hari raya dari gubernur, Ferry Dwi Kurniawan, merasa terharu dan kaget atas kepedulian Gubernur Aceh.

“Kami tidak menduga beliau datang hari ini. Alhamdulillah beliau datang kami sangat senang dan berterimakasih atas dukungan Pemerintah Aceh kepada tenaga kesehatan, kami senang dan siap bersama-sama melawan Covid-19,” kata Ferry.

Ferry mengaku, selama sebulan terakhir di masa Ramadhan, kasus Covid-19 mengalami lonjakan hingga pasien yang dirawat di rumah sakit meningkat. Ia bersama tenaga kesehatan lainnya berbagi tugas agar perawatan pasien dapat ditangani dan tidak ada yang tertinggal.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA), dr. Isra Firmansyah, juga bersyukur dan menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Aceh atas kunjungan dan kepedulian terhadap tenaga kesehatan.

“Saya mewakili manajemen rumah sakit dan seluruh karyawan mengucapkan terimakasih atas kunjungan bapak gubernur, ibu, beserta Sekda untuk melihat kami para petugas di Pinere,” kata Isra.

Isra menilai, kepedulian dari pimpinan tertinggi di Aceh itu menjadi sangat berarti bagi para Nakes. Mereka tentu akan lebih semangat dalam bekerja karena merasa diperhatikan langsung gubernur.

“Dengan kunjungan beliau ini tentu semangat kinerja petugas akan lebih meningkat,” kata dia.
Pada kesempatan yang sama, Isra juga melaporkan kondisi penanganan Covid-19 di RS Rujukan Covid-19 RSUDZA. Per hari ini terdapat 74 pasien Covid-19 yang dirawat. Sebanyak sepuluh diantaranya dirawat di ruang RICU, sementara 64 lainnya dirawat di ruang isolasi Pinere.

“Tren kasus mengalami peningkatan, karena itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan ketat,” kata dr. Isra.(*)

Pos terkait