Hasil Tes, 70 Petugas Medis RS Meuraxa Negatif Corona

  • Whatsapp
meuraxa positif corona rumah sakit meuraxa pertugas medis rsudm
Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa Kota Banda Aceh. Foto : Ist

BANDA ACEH – Sebanyak 70 orang petugas medis mulai dari dokter, perawat dan tim laboratorium pada Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa (RSUDM) Banda Aceh dinyatakan negatif virus corona (Covid-19). Kesimpulan ini berdasarkan hasil pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Lab Unsyiah yang diterima RSUD Meuraxa pada Jumat, (26/6).

Kasubbag Humas RSUD Meuraxa, Saifuddin A Malik kepada Kanalinspirasi.com, Jumat (26/6) mengatakan, serangkaian pemeriksaan dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah Meuraxa (RSUDM) terhadap seluruh petugas yang pernah kontak dengan pasien yang dicurigai Covid-19.

Bacaan Lainnya

Ia menambahkan, setelah menjalani rangkaian tes pemeriksaan swab, dinyatakan negatif berdasarkan hasil yang diperoleh melalui Lab Unsyiah. Rangkaian pemeriksaan tersebut dilakukan sebanyak dua kali, yakni dengan real time polymerase chain reaction (RT-PCR) dan satu kali Rapid Test Serologi Covid-19 Antigen.

Atas hasil tersebut, pihak manajemen RSUDM mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh dan Lab Unsyiah karena telah memfasilitasi pemeriksaan ini dengan sangat baik.

Terkait dengan kondisi pedemi saat ini, pihak RSUD Meuraxa meminta kepada seluruh pasien dan pengunjung RSUD Meuraxa untuk berkata jujur mengenai informasi penyakit, riwayat kontak atau perjalanan dari daerah zona merah.

Sebab, kejujuran penting, dengan informasi itu sangat membantu petugas RSUDM dalam memberikan pelayanan terhadap pasien, apakah kemudian ditangani secara protokol Covid-19 atau tidak.

Ia juga menuturkan, rumah sakit dan pemerintah sangat terbeban jika terdapat pasien Covid-19 yang terlambat terdiagnosa hanya karena ketidakjujuran pasien.

“Rumah sakit harus melakukan sterilisasi, mengisolasikakan petugas-petugas yang kontak, menutup layanan, dan melakukan test PCR,” terangnya.

Saifuddin menambahkan, RSUD Meuraxa akan berusaha semaksimal mungkin memastikan keselamatan para petugas, pasien yang berobat hingga pengunjung di RSUD Meuraxa. (dan)

Pos terkait