HMI; Desak Cek Mad Selesaikan Persoalan Rute Bus di Aceh Utara

  • Whatsapp
Ketua HMI Lhokseumawe dan Aceh Utara Muhammad Atar.

LHOKSEUMAWE – Himpunan Mahasiswa Islam Lhokseumawe–Aceh Utara mendesak Bupati Aceh Utara segera mengeluarkan kebijakan terkait Rute Bus untuk sekolah di kawasan Aceh Utara.

“Selama ini sebelum mewabahnya virus Corona, armada Bus Sekolah milik Pemkab Aceh Utara sering hilir mudik di kawasan kota Lhokseumawe,” ujar Ketua HMI Cabang Lhokseumawe dan Aceh Utara, Muhammad Atar, Selasa (12/6/2020).

Bacaan Lainnya

Sehingga banyak palajar di kecamatan dalam wilayah Kabupaten Aceh Utara harus berjalan kaki menuju ke sekolah yang berjarak belasan kilometer. Terkait persoalan tersebut HMI sudah berulangkali menerima pengaduan dari beberapa masyarakat di Aceh Utara.

“HMI menerima keluhan dari masyarakat di berapaa kecamatan terkait fasilitas bus sekolah, setelah kajian beberapa waktu HMI menilai sudah saat bupati mengeluarkan kebijakan penataan rute bus sekolah agar pelajar di kecamatan bisa mendapatkan fasilitas bus sekolah,” ujar Ketua HMI.

Mengingat tahun ajaran baru akan mulai berjalan pada Juli mendatang, diharapkan Bupati Aceh Utara segera mengeluarkan kebijakan tersebut. “Selama ini armada bus sekolah aceh utara belum tersentuh pelajar di kawasan kecamatan, Khusus nya kecamatan perdalaman,” ujar Muhammad Atar.

Berdasarkan hasil pengamanan HMI, sebagian besar siswa di pedalaman masih berjalan kaki ke sekolah dan hanya sebagian kecil yang mengunakan kendaraan pribadi untuk menuju kesekolah.

Padahal dengan adanya bus sekolah di setiap kecamatan dapat meminimal biaya kebutuhan pelajar. “Kita berharap bus tidak lagi menumpuk di satu wilayah saja namun merata di seluruh wilayah Aceh Utara,” katanya.

Apalagi salah satu visi misi bupati Aceh Utara meningkatkan kualitas sumber daya manusia, tentu harus disiapkan infrastruktur pendukung salah satunya bus sekolah.(*)

Pos terkait