Imam Meunasah Apresiasi Pembinaan Dan Peningkatan Kualitas Dai  oleh Dinas Syariat Islam Aceh Besar

  • Bagikan

Kanalinspirasi.com, ACEH BESAR – Program Pembinaan Dan Peningkatan Kualitas Dai dan Khatib yang dilaksanakan Dinas Syarat Islam Kabupaten Aceh Besar telah memasuki gelombang ke empat/ berlangsung di Hotel Madinatul Zahra Lampeuneurut, Kecamatan Darul Imarah, Kamis 29 September 2022.

Kepala Dinas Syariat Islam Aceh Besar, Rusdi, S.Sos, M. Si menyampaikan menyampaikan antusias peserta sangat baik di setiap gelombang, terutama membahas peran pemerintah dalam pelaksanaan syariat Islam di Aceh Besar. Pembinaan dan peningkatan kualitas mutu dai ini merupakan salahsatu program pemerintah kabupaten aceh besar untuk memantapkan pelaksanaan syariat islam, dengan pemanfaatan dana otsus.

“Para peserta menyambut baik kegiatan ini, karena umumnya merupakan mereka yang telah memahami hukum dan aturan pelaksanan syariat Islam, didukung pemateri yang kompeten,” jelasnya.

Lebih lanjut rusdi menyampaikan dari hasil diskusipara peserta sempat mencetuskan diperlukannya sebuah wadah paguyuban imam meunasah untuk memperkuat pelaksanaan syariat islam, bekerjasama dengan media.

Kegiatan pembinaan dan peningkatan kualitas dai yang dilaksanakan dinas syariat islam aceh besar/ berlangsung sejak 20 september hingga 4 oktober 2022, dengan pemateri dari kalangan ulama/ akademisi/ birokrat/ dan ormas Islam.

Salah seorang peserta program pembinaan dan peningkatan kualitas dai yang dilaksanakan Dinas Syarat Islam Kabupaten Aceh Besar, Tgk Irfan Siddiq, pengurus HUDA Aceh Besar, menyampaikan pemerintah memiliki peran utama dalam pelaksanaan syariat islam di aceh terutama dalam menyediakan anggaran pendukung. Sementara masyarakat diharapkan lebih positif dalam menerima setiap peraturan pelakansanaan syariat, tanpa dipengaruhi pihak lain.

“Kita mengharapkan pemerintah lebih serius dalam upaya pelaksanaan syariat Islam, dengan mengalokasikan anggaran kegiatan yang lebih baik,” pungkasnya.(*)

 

 

  • Bagikan