Imbas Corona, Liga Belanda Resmi Dihentikan Tanpa Ada Juara

  • Whatsapp
Liga Belanda Dibatalkan, Ajax Gagal Juara Pemuncak klasemen Eredivisie Ajax Amsterdam gagal mendapat gelar juara kompetisi musim 2019/2020. Foto : AP

JAKARTA – Liga Belanda resmi membatalkan musim kompetisi 2019/2020 akibat pandemi global virus corona (Covid-19). Ajax Amsterdam yang berada di puncak klasemen hingga pekan 25, tak bisa mendapat gelar juara kompetisi musim ini.

Dilansir dari Skysports, pembatalan kompetisi juga berimbas pada promosi dan degradasi. Musim ini tidak ada klub yang terdegradasi dan meraih tiket promosi, berdasarkan kesepakatan semua klub dan Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) yang dicapai dalam rapat melalui telekonferensi.

Bacaan Lainnya

Ajax memuncaki klasemen Eredivisie dengan tersisa sembilan laga lagi. Ajax hanya unggul selisih gol dari AZ Alkmaar ketika liga dihentikan sementara waktu.

“Sebagai pemain dan sebuah klub, adalah hal wajar untuk menginginkan gelar juara,” kata CEO Ajax Edwin van der Sar.

“Anda ingin menunjukkan itu di lapangan dan kami telah memuncaki klasemen selama ini. Jelas terasa berat saat Anda tidak dinyatakan sebagai juara, tapi dalam situasi seperti ini hal itu mungkin bisa dimengerti. Ada lebih banyak hal penting saat ini ketimbang sepak bola.”

Eredivisie telah memutuskan Ajax langsung melaju ke babak play off Liga Champions, sementara AZ berhak bermain di babak kualifikasi kedua Liga Champions.

Peringkat tiga Feyenoord langsung masuk ke babak grup Liga Europa, sementara PSV dan Willem II harus menjalani babak kualifikasi kedua Liga Europa.

Di sisi lain AZ telah mengindikasikan ketidakpuasan atas keputusan KNVB, terutama terkait jatah Eropa yang diberikan untuk klub.

“Kami telah mencoba selama beberapa pekan untuk mengelaborasi berbagai skenario untuk mencegah situasi yang kami hadapi saat ini,” demikian pernyataan resmi klub.

Liga Belanda menjadi liga pertama di Eropa yang memutuskan membatalkan kompetisi musim 2019/2020. Liga lain belum menentukan sikap. Namun La Liga dan Bundesliga telah mengindikasikan untuk melanjutkan kompetisi musim 2019/2020.

Pos terkait