Inden Hingga Empat Tahun, PT SIS Hentikan Pemesanan Jimny Hingga Mei 2020

  • Whatsapp
suzuki jimny
Peminat Aceh Mencoba Tampilan Suzuki Jimny Generasi Terbaru di Dealer Suzuki Armada Banda Jaya, Banda Aceh. poto: dr/kanalinspirasi.com

SUZUKI Jimny generasi terbaru mendapat sambutan antusias konsumen di Indonesia, dengan antrean pemesanan paling cepat dua tahun di seluruh nusantara. Kondisi ini membuat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meminta dealer mereka menghentikan sementara pemesanan mobil 4×4 compact tersebut, hingga Mei 2020.

“Inden Jimny di kota-kota besar seperti Jakarta dan Surabaya hingga empat tahun. Maka kami meminta kepada diler untuk menahan pendaftaraan inden Jimny hingga Mei 2020, sembari mengkaji solusi atas persoalan ini,” kata Direktur Marketing 4W PT SIS, Donny Saputra.

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, Suzuki Jimny masih diproduksi di Jepang, sebanyak 5.000 unit per bulan. Sementara permintaan pasar di dunia lebih besar.

“Permintaaan terbesar datang dari Eropa. Di Jepang sendiri sampai harus indent dua tahun,” jelasnya.

suzuki jimny

Sementara untuk di Indonesia, kata Donny, hanya mendapatkan jatah 50 unit per bulan, yang 200 unit sudah terkirim dari 2.000 unit lebih pemesanan.

Dengan kondisi ini, lanjutnya, PT SIS telah mengajukan diri untuk memproduksi Suzuki Jimny di Indonesia setelah Jepang. Nantinya produksi Jimny akan didistribusikan ke beberapa negara terdekat, Asia Pasifik, Australia dan lainnya.

“Pasar di Indonesia terbukti sangat tinggi. Atas ajuan ini, Suzuki di Jepang memberikan sinyal positif terkait dengan produksi Jimny di Indonesia. Kita menunggu keputusannya dari sana,” jelas Donny.

Limited Edition,  Aceh Hanya Dapat Jatah 4 unit Suzuki Jimny

Dari 50 unit Suzuki Jimny 2019 yang diperuntukkan bagi peminat di Indonesia, 4 unit diantaranya hadir di Aceh bertahap hingga Februari 2020.

“Peminat Suzuki Jimny di Aceh juga sangat banyak, namun untuk Aceh hanya mendapat jatah 4 unit yang sudah inden,” Branch Manager PT Armada Banda Jaya, Banda Aceh, Rahmattuddin.

Untuk wilayah Aceh, harga ‘on the road’ Suzuki Jimny mulai Rp353 juta/unit untuk MT standar, sementara MT 2 Tone Colour Rp355.500.000/unit, AT Standar Rp364 juta/unit, dan AT 2 Tone Colour Rp366.500.000/unit.

“Dibanding generasi sebelumnya, Suzuki Jimny generasi keempat ini memiliki fitur yang lebih mutakhir dan sejumlah ubahan yang cukup signifikan. Namun secara tampilan, varian ini tetap mempertahankan kesan boxy, kompak dan fungsional,’’ papar Rahmattuddin.

suzuki jimny

Suzuki Jimny generasi ke empat ini juga mencuri perhatian global dengan meraih gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design of the Year di World Car Awards.

Suzuki Jimny merupakan ikon bersejarah bagi Suzuki sejak pertama kali mengaspal di Tanah Air pada 1979, hingga PT SIS menjadikan Indonesia sebagai target pasar mobil off-road ikonik tersebut.(*)

Pos terkait