Ini Tips Bagi Orang Tua Untuk Mengindari Anak Makan Junk Food

  • Whatsapp
makan junk food
Ilustrasi Makanan Junk Food. Foto : Ist

KANALINSPIRASI.COM – Orang dewasa suka makan junk food, begitu juga anak-anak! Namun, sebagai orang tua, Anda harus berjuang untuk mengatakan ‘tidak’ kepada anak Anda ketika mereka meminta junk food, mengapa?

Anda tidak dapat menjelaskan informasi teknis kepada anak-anak seperti masalah kalori dan kolesterol, tetapi apa yang selalu dapat Anda lakukan itu membuat pilihan yang lebih cerdas dalam kebiasaan makanan sehari-hari mereka. Seperti dilansir Times Of India, ada beberapa cara terbaik untuk membesarkan anak-anak Anda di lingkungan bebas junk food.

Bacaan Lainnya

1. Jadilah teladan yang baik di depan mereka
Orang tua sering menjadi panutan pertama seorang anak sehingga apapun yang mereka lihat akan mereka lakukan dan menerapkan hal yang sama. Jika Anda ingin anak Anda makan sehat, Anda harus mengikuti panduan yang sama. Jika, sebagai orang tua, Anda makan lebih sering dan lebih suka sampah, anak pasti akan mengikutinya. Karenanya, dorongan dan motivasi awal dimulai dari rumah.

2. Mulai lebih awal
Satu hal lagi yang ditekankan ahli gizi adalah mengembangkan kebiasaan gaya hidup yang baik untuk anak-anak ketika mereka masih sangat muda. Ketika mereka mengadopsi kebiasaan baik sejak awal, itu akan tetap bersama mereka sepanjang hidup. Di meja makan, setiap kali Anda memberi mereka sayuran, jelaskan manfaatnya bagi mereka. Ini pasti akan membantu mereka untuk menyantapnya.

3. Jadikan mereka sibuk
Anak-anak sering menjadi rewel dan menuntut makanan cepat saji ketika mereka menganggur atau merasa bosan. Sementara, tidak ada yang membuat mereka sibuk. Jadi, malam hari adalah ide bagus untuk mendaftarkan mereka di beberapa kelas atau kegiatan yang akan membuat mereka tetap sibuk.

4. Air
Ketika Anda mendambakan sesuatu, Anda disarankan minum air terlebih dahulu. Ini karena mengidam dan rasa lapar bisa membuat bingung tubuh. Untuk anak-anak kecil, ketika mereka menuntut pada waktu yang aneh, itu mungkin menandakan hal yang sama sehingga Anda harus selalu memberi mereka air minum secara berkala. Ini juga akan menjaga tingkat hidrasi tetap terjaga.

5. Tunggu cek jadwal tidur anak
Penelitian telah membuktikan bahwa kurang tidur tidak hanya berdampak pada tingkat energi, juga membuat Anda lebih lapar. Anak-anak yang mencatat jam tidur kurang memiliki kontrol yang buruk pada nafsu makan dan menjadi lapar pada jam-jam aneh juga. Mereka cenderung meminta makanan kalengan tinggi kalori ketika mereka kurang tidur.

6. Buat makanan cepat saji di rumah
Seperti yang banyak dikatakan, buatan sendiri selalu merupakan pilihan sehat. Ketika Anda tidak bisa mengalihkannya dari makanan luar, Anda selalu bisa membuatnya di rumah, melakukan beberapa pertukaran sehat juga. Ini akan mengurangi kemungkinan kontaminasi, pengawetan hadir dalam makanan cepat saji. Ini juga bisa menjadi perubahan bagi mereka dalam makanan rutin sehari-hari, membuat mereka lebih menikmatinya.

7. Jangan menawarkan junk food sebagai hadiah
Banyak orang tua memiliki kebiasaan mengendalikan perilaku rewel anak-anak mereka dengan menawarkan junk food atau paket keripik favorit mereka sebagai hadiah untuk melakukan sesuatu. Berhentilah melakukan ini sama sekali. Ini menjadi kebiasaan yang sangat tidak sehat untuk diikuti.

Pos terkait