Iskandar Ali ingin Kadin Kembalikan Marwah Aceh Sebagai Saudagar

  • Bagikan
Iskandar Ali, Bakal Calon Ketua Kadin Aceh

Kanalinspirasi.com, BANDA ACEH – Mendapat dukungan dari sejumlah kabupaten kota di Aceh, mendorong Iskandar Ali maju sebagai salahsatu bakal calon (Balon) ketua umum (Ketum) Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Aceh periode 2022-2027.

Ia menjadi Balon Ketum Kadin Aceh terakhir yang mendaftar setelah dengan resmi menyerahkan dokumen persyaratan, pada Selasa, 24 Mei 2022.

Iskandar Ali mengungkapkan keputusan maju sebagai calon Ketum Kadin Aceh mendatang karena permintaan dan desakan rekan sejawat dari sejumlah kabupaten/ kota di Aceh.

“Alasannya saya mencalonkan diri sebagai ketua Kadin ini karena desakan dari kawan-kawan di sejumlah daerah kabupaten/kota. Mereka menilai saya representasi para ketua di kabupaten/kota, oleh sebab itu hari ini saya hadir berniat hati menjadi calon ketua Kadin Aceh,” ujarnya.

Berita Terkait: Iskandar Ali Daftarkan Diri Calon Ketua Kadin Aceh Periode 2022-2027

Keputusan Iskandar Ali ini memang tidak berlebihan bahkan dinilai sangat tepat oleh sejumlah pihak. Tepat dua tahun lalu, Iskadar Ali tepilih secara aklamasi sebagai Ketua Kadin Aceh Besar periode 2019-2024, pada Musyawarah Kabupaten (MUKAB-V) yang dilaksanakan di Hotel The Pade, Aceh Besar, Rabu, 29 Mei 2019.

Dikenal  sebagai sosok pemimpin yang visioner, Iskandar Ali mengaku dirinya memiliki pandangan yang berbeda dari para Balon ketum Kadin Aceh lain, yang disebutnya sebagai pebisnis yang telah malang melintang di level nasional bahkan internasional.

Ia optimis Kadin Aceh di bawah naungannya nanti bisa membawa perubahan bagi dunia usaha menjadi lebih baik, salah satunya dengan mengembangkan UMKM Aceh.

“Bagi saya, yang terpenting bagaimana mengembalikan marwah Aceh sebagai saudagar semuanya. Yang realistis saja, seperti UMKM di depan mata. Saya ingin Kadin ini menjadi tolak ukur dan kembali membawa marwah Aceh sebagai saudagar,” ujarnya.

Selama ini, kata Iskandar Ali, Aceh begitu ngotot mengundang investor masuk untuk berinvestasi pada berbagai sektor. Namun belum memberikan dampak pada peningkatan ekonomi rakyat.

“Bukan saya tidak setuju dengan investor, dengan satu frekuensi, bersinergi dan tidak usah terlalu berharap investor besar, jangan  rakyat Aceh terus hanya menjadi buruh. Maka Kadin harus menjadi bapak asuh keberadaan UMKM di Aceh, karena di situ lah awal bangkitnya ekonomi rakyat,” tegas pengusaha yang juga menjabat ketua DPRK Aceh Besar periode 2019-2024.

Mengenal Lebih Dekat Sosok Iskandar Ali

Iskandar Ali yang akrab disapa Cut Is, cukup dikenal khususnya oleh warga pesisir kabupaten Aceh Besar. Sebagai putra asli Aceh Besar yang dibesarkan dari keluarga sederhana yang mementingkan pendidikan, Iskandar ali tumbuh sebagai sosok yang peduli kepada masyarakat sekitar.  Tidak banyak yang mengetahui berbagai kegiatan dirinya dalam membantu kesejahteraan masyarakat, khususnya warga nelayan dan petani.

Iskandar Ali yang lahir di gampong Siem, 12 April 1981, merupakan putra almarhum Muhammad Ali Ibrahim dan Almarhumah Alawiyah. Ayahnya yang dikenal dengan panggilan ustadz Ali, pernah mengabdi sebagai seorang guru yang sangat dihormati di MTsn Tungkop. Iskandar Ali merupakan adik kandung dari Ir. H. Mawardi Ali, Bupati Aceh Besar periode 2019-2022, yang juga ketua DPW PAN Aceh.

Saat ini Iskandar Ali yang juga menjabat ketua DPD PAN Aceh Besar periode 2021-2026, bertempat tinggal di gampong Klieng Cot Aron, kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, bersama sang Istri Ratna Mutia dan 2 orang anak.

Sebagai sosok yang rendah hati dan mudah bergaul, keseharian Iskandar Ali yang merupakan anak bungsu dari 9 bersaudara ini menjalani profesi mengelola usaha yaitu CV. Fajar Harapan dan CV. Muda Berjaya. Usaha tersebut  berkenaan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah.

Beberapa sektor yang menjadi perhatian dan pembinaan Iskandar Ali adalah bantuan sarana menangkap ikan yang modern ramah lingkungan, pemasaran hasil laut, pembinaan petani garam dan kelompok nelayan, hingga menjalin kerjasama dengan investor dan pemerintahan  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Terkait peluangnya terpilih sebagai Ketua Kadin Aceh, Iskandar Ali mengaku dirinya sekarang sudah memiliki hak suara.

“Kalau bicara soal dukungan, saya rasa cukuplah untuk memenangkan kontestasi ini,” tuturnya.

BIODATA ISKANDAR ALI

Nama Lengkap : Iskandar Ali, S. Pd
Tempat/Tgl. Lahir : Siem, 12 April 1981
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : STAI Teungku Chik Pante Kulu
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat Rumah :  Klieng Cot Aron, kecamatan Baitussalam, Aceh Besar
Status Perkawinan : Kawin
Nama Istri/Suami :  Ratna Mutia
Jumlah anak : 2 (Dua).

RIWAYAT PENDIDIKAN

Tahun : 2013 – 2017, STAI Teungku Chik Pante Kulu (D4/S1)
Tahun : 1996 – 1999, MAN 1 Banda Aceh
Tahun : 1993 – 1996, MTsN Tungkop
Tahun : 1987 – 1993, SD Negeri Klieng

RIWAYAT ORGANISASI/ PARTAI

Tahun : 2015 – 2020,  Sekretaris DPD PAN Aceh Besar
Tahun : 2010 – 2015, Wakil Ketua DPD PAN Aceh Besar
Tahun : 2009 –  2012, Sekretaris KNPI Aceh Besar
Tahun : 2007 – 2014, Ketua BM PAN Aceh Besar
Tahun : 2005 – 2010, Ketua DPC PAN Kec. Baitussalam
Tahun : 2001 – 2003, Ketua Himpunan Mahasiswa Aceh Besar (HIMAB)

Tahun : 2020 – 2024, Dewan Kehormatan Ikatan Pemuda Aceh Besar (IPAR)

Tahun 2019-2024, Ketua Umum Kadin Aceh Besar

Tahun : 2021-2026, Ketua DPD PAN Aceh Besar

RIWAYAT PEKERJAAN

Tahun : 2008 – 2020, Direktur CV. Fajar Harapan
Tahun : 2008 – 2020, Wakil Direktur CV. Muda Berjaya
Tahun : 2010 – Sekarang, Komisaris PT. KABAR GLOBAL INFOTAMA
Tahun : 2018 – Sekarang, Komisaris PT. ACEH MEDIA KREASI

Tahun : 2019-2024, Ketua DPRK Aceh Besar. (*)

  • Bagikan