Iskandar Ali, Tokoh Peduli Masyarakat Pesisir Untuk DPRK Aceh Besar

  • Whatsapp
iskandar ali caleg dprk aceh besar dapil 5 kadin aceh musyawarah provinsi
Ketua KADIN Aceh Besar, Iskandar Ali. Foto: Istimewa

KANALINSPIRASI.COM – Pemilu legislatif 2019 di Aceh disemarakkan dengan hadirnya sejumlah caleg yang merupakan tokoh sosial yang peduli masyarakat. Tokoh-tokoh tersebut diharapkan membawa perubahan kejahteraan rakyat Aceh di bidang sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan dan pembangunan daerah.

Salah satu tokoh merakyat adalah Iskandar Ali, yang merupakan caleg DPRK Aceh Besar. Sosok Iskandar Ali sudah tidak asing bagi masyarakat Aceh Besar. Pria yang akrab disapa Cut Is ini cukup dikenal khususnya oleh warga pesisir kabupaten Aceh Besar, karena kepeduliannya pada nasib masyarakat nelayan.

Bacaan Lainnya

Iskandar Ali yang lahir di gampong Siem, 12 April 1981, merupakan putra almarhum Muhammad Ali Ibrahim dan Almarhumah Alawiyah. Ayahnya yang dikenal dengan panggilan ustadz Ali, pernah mengabdi sebagai seorang guru yang sangat dihormati di MTsn Tungkop.

Saat ini Iskandar Ali bertempat tinggal di gampong Klieng Cot Aron, kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, bersama sang Istri Ratna Mutia dan 2 orang anak.

Sebagai sosok yang rendah hati dan mudah bergaul, keseharian Iskandar Ali yang merupakan anak bungsu dari 9 bersaudara ini menjalani profesi mengelola usaha yaitu CV. Fajar Harapan dan CV. Muda Berjaya. Usaha tersebut  berkenaan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat dan pembangunan daerah.

Karir Dunia Politik

Sejak menjalani pendidikan di perguruan tinggi kampus STAI Teungku Chik Pante Kulu angkatan 2013, Iskandar Ali telah aktif dalam organisasi kemahasiswaaan dan masyarakat. Karirnya di bidang Politik dimulai tahun 2015 saat dirinya diangkat sebagai ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Karen kemampuannya mengangkat citra partai dan kepiawaian dalam diplomasi, membuat Iskandar Ali saat ini dipercaya menjabat Seketaris DPD PAN Aceh Besar, mendampingi ketua Mukhlis Zulkifli, yang pemilu 2019 ini maju sebagai caleg DPRA.

Peduli Mayarakat Nelayan Pesisir, Peternakan, Pertanian dan Seniman

Sebagai putra asli Aceh Besar yang dibesarkan dari keluarga sederhana yang mementingkan pendidikan, Iskandar ali tumbuh sebagai sosok yang peduli kepada masyarakat sekitar.  Tidak banyak yang mengetahui berbagai kegiatan dirinya dalam membantu kesejahteraan masyarakat, khususnya warga nelayan. Karena sosok Iskandar Ali yang low profile, memang tidak begitu ingin  dipublikasikan.

Beberapa sektor yang menjadi perhatian dan pembinaan Iskandar Ali adalah bantuan sarana menangkap ikan yang modern ramah lingkungan, pemasaran hasil laut, pembinaan petani garam dan kelompok nelayan, hingga menjalin kerjasama dengan investor dan pemerintahan  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Selama ini kita memberi perhatian kepada masyarakat pesisir semata karena ingin membantu meningkatkan kesejahteraan tarah hidup mereka. Jika kehidupan warga nelayan terus menjadi lebih baik, itu merupakan kebahagiaan bagi kami. Semoga Allah mencatatnya sebagai amal ibadah,’’ sebut Iskandar Ali tentang kegiatan yang selama ini ia laksanakan untuk masyarakat kawasan pesisir Aceh Besar.

Maju Caleg Untuk Pengabdian Lebih Pada Rakyat dan Pembangunan Aceh Besar

Pada pemilu 2019 ini Iskandar Ali memutuskan untuk maju sebagai calon legislatif DPRK Aceh Besar . Langkah ini diambilnya dengan niat untuk pengabdian yang lebih besar kepada masyarakat Aceh Besar, melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan selama ini.

Disatu sisi, jika Iskandar Ali mendapat kepercayaan masyarakat untuk menjadi wakil rakyat sebagai anggota DPRK Aceh Besar, akan lebih meningkatkan keharmonisan dan sinergitas antara legislatif dan pemeerintah kabupaten Aceh Besar sebagai lembaga eksekutif. Mengingat Bupati Aceh Besar saat ini Mawardi Ali merupakan abang kandung dari Iskandar Ali.

Melangkah sebagai caleg DPRK Aceh Besar utusan dari Partai Amanat Nasional, Iskandar Ali memilih maju lewat daerah pemilihan 5 yang secara geografis adalah wilayah pesisir. Dengan mayoritas penduduk bermata pencaharian sebagai nelayan. Dapil tersebut meliputi kecamatan Baitussalam, Darussalam. Krueng Barona Jaya, Kuta Baro dan Mesjid Raya.

BIODATA ISKANDAR ALI

Nama Lengkap : Iskandar Ali, S. Pd
Tempat/Tgl. Lahir : Siem, 12 April 1981
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : STAI Teungku Chik Pante Kulu
Pekerjaan : Wiraswasta
Alamat Rumah :  Klieng Cot Aron, kecamatan Baitussalam, Aceh Besar
Status Perkawinan : Kawin
Nama Istri/Suami :  Ratna Mutia
Jumlah anak : 2 (Dua).

RIWAYAT PENDIDIKAN

Tahun : 2013 – 2017, STAI Teungku Chik Pante Kulu (D4/S1)
Tahun : 1996 – 1999, MAN 1 Banda Aceh
Tahun : 1993 – 1996, MTsN Tungkop
Tahun : 1987 – 1993, SD Negeri Klieng

RIWAYAT ORGANISASI/ PARTAI

Tahun : 2015 – 2020,  Sekretaris DPD PAN Aceh Besar
Tahun : 2010 – 2015, Wakil Ketua DPD PAN Aceh Besar
Tahun : 2009 –  2012, Sekretaris KNPI Aceh Besar
Tahun : 2007 – 2014, Ketua BM PAN Aceh Besar
Tahun : 2005 – 2010, Ketua DPC PAN Kec. Baitussalam
Tahun : 2001 – 2003, Ketua Himpunan Mahasiswa Aceh Besar (HIMAB)

RIWAYAT PEKERJAAN

Tahun : 2008 – 2020, Direktur CV. Fajar Harapan
Tahun : 2008 – 2020, Wakil Direktur CV. Muda Berjaya
Tahun : 2010 – Sekarang, Komisaris PT. KABAR GLOBAL INFOTAMA
Tahun : 2018 – Sekarang, Komisaris PT. ACEH MEDIA KREASI


Reporter: Deddy Ridwan
Editor: Dhanil

Pos terkait