Iskandar Ali: Untuk Fokus Capai PAD, Pemkab Aceh Besar Harus Berikan Award dan Punishment Kepada OPD

  • Whatsapp
dprk aceh besar iskandar ali
Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali, SPd MSi Poto: DR/ Kanalinspirasi

ACEH BESAR – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Besar, Iskandar Ali, SPd MSi mengatakan Pemkab Aceh Besar harus memiliki skema dan strategi yang tepat mencapai target peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Menurut Iskandar Ali.  dalam pendapatan ini ada dua hal, pertama pajak dan yang kedua ialah retribusi daerah, dengan perubahan nomenklatur atau kebijakan ada beberapa sektor pajak yang kembali ke Provinsi, sebut saja galian, Pemerintah Aceh Besar hanya bisa mengambil retribusinya saja.

Bacaan Lainnya

“Nah ini harus ada upaya yang luar biasa dari Pemkab Aceh Besar, apalagi terjadi terjadi pemotongan Dana Alokasi Umum (DAU) yang besar jadi pendapatan Aceh Besar terjadi pengurangan,” kata Iskandar Ali, Kamis (25/11/2021).

Menurutnya, hanya sektor PAD yang bisa digali secara maksimal, disinilah menurut politisi PAN tersebut Pemerintah harus memiliki skema yang baik.

“Berbicara mengenai sektor pajak, banyak yang bisa digali, namun upaya mengejar ini yang sedikit kurang greget,” ujarnya.

Oleh karena itu, politisi PAN ini dalam berbagai kesempatan mengatakan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menghasilkan pendapatan besar untuk daerah harus diberikan apresiasi, sedangkan OPD yang tidak mampu mendapatkan PAD harus diberikan teguran.

“Harus ada award dan punishment yang diberikan kepada OPD, agar bisa fokus mencapai target yang ditentukan oleh Pemerintah daerah,” tegasnya.

Ketua DPRK Aceh Besar menambahkan, pendapatan yang diperoleh baik dari sektor pajak dan retribusi harus dibagi secara proposional.

“Disini artinya kepada mereka yang telah sukses memperoleh PAD yang maksimal, dan tentu pemerintah dalam hal ini Bupati Aceh Besar dapat memberikan sedikit jerih atau hak punggut, agar kedepan makin memacu usaha-usaha meningkatkan pendapatan daerah,” harapnya.

Iskandar Ali mengatakan, kondisi fiskal Negara ini sedang tidak baik-baik saja, bisa jadi DAU yang akan datang semakin kecil, jadi Pemerintah daerah harus bertumpu secara penuh pada PAD.

“Bisa jadi DAU makin kecil, maka kita harus bisa optimalkan PAD dengan baik, karena PAD menjadi tumpuan utama bagi Aceh Besar,” pungkas Iskandar Ali. (*)

Pos terkait