Jelang Pemilu, Disduk Capil Aceh Besar Terus Genjot Perekaman E-KTP

  • Whatsapp
kepala disdukcapil aceh besar
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Besar, Rahmat Sentosa. Foto: Doc Kanalinspirasi.com

ACEH BESAR – Menjelang pelaksanaan Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) melakukan jemput bola perekaman E-KTP bagi Warga binaan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (LP) yang ada diwilayah tersebut.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Besar, Rahmat Sentosa kepada media ini mengatakan, dengan meningkatnya partisipasi pemilih pada pemilu 2019 Disduk Capil terus melakukan berbagai upaya, selain menghimbau kepada seluruh warga di Kabupaten Aceh Besar agar dapat melakukan perekaman E-KTP juga dilakukan upaya jemput bola dengan mendatangi langsung kelokasi termasuk di empat Lembaga Pemasyarakatan.

Bacaan Lainnya

“Untuk perekaman dan pencetakan dokumen kependudukan sebagai indetitas diri dan juga guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu, selain menghimbau seluruh masyarakat untuk segera melakukan perekaman, kita juga menyambangi Lembaga Pemasyaratan,” Kata Rahmat saat dikonfirmasi media ini, Kamis (21/03/19).

Menurut Rahmat, ada empat Lembaga Pemasyarakatan yang saat ini sedang dilakukan verifikasi indetitas bagi warga binaan di Kabupaten Aceh Besar, diantaranya adalah Lembaga Pemasyarakatan Klas Dua B Kota Jantho, Kajhu, Lhoknga dan LP Kelas Satu Banda Aceh yang berlokasi di lambaro, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar.

Selain Lembaga Pemasyarakatan dikatakan Rahmat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga melakukan upaya jemput bola terhadap pemilih pemula dengan mendatangi langsung ke lembaga pendidikan yang ada di wilayah itu, seperti halnya di SMA Modal Bangsa dan Pesantren Ruhul Islam Anak Bangsa.

“Kedua lembaga pendidikan itu sudah selesai kita lakukan perekaman, kita berikan kepada yang sudah berusia 17 tahun. Tapi yang belum mencapai usia 17 tahun walau sudah kita lakukan perekaman tapi KTP nya tidak kita berikan dulu,” jelas Rahmat.

Perekaman E-KTP adalah sebagai syarat  didaftarkannya seseorang sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pileg dan pilpres. Masyarakat yang pada tanggal 17 April 2019 sudah berumur 17 tahun diharapkan dapat segera melakukan perekaman agar dapat memberikan hak pilihnya pada 17 April 2019 mendatang. (dan)

Pos terkait