Jokowi Luncurkan Bansos Karyawan Besok

  • Whatsapp
presiden joko widodo pks lockdown jakarta nasib ujian nasional
Presiden Joko Widodo. Foto : Ist

JAKARTA – Presiden Jokowi dijadwalkan meluncurkan program bantuan subsidi upah (BSU) untuk karyawan yang terdampak Covid-19 besok. Mereka yang berhak mendapatkannya yaitu yang memiliki upah di bawah Rp5 juta per bulan.

Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, penerima BSU adalah mereka yang aktif terdaftar di BP Jamsostek hingga Juni 2020. Bantuan tersebut akan langsung ditransfer ke rekening penerima.

Bacaan Lainnya

“Insyaallah akan diagendakan launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah besok, Kamis 27 Agustus 2020 oleh Presiden RI,” kata Ida saat rapat kerja dengan Komisi IX di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (26/8).

Saat ini, kata Ida, Kemnaker tengah menyiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama. Kemenaker telah menerima data calon penerima yang sebagian sudah divalidasi oleh BP Jamsostek.

Menurut politikus PKB itu, Kemenaker akan menyalurkan bantuan sekurang-kurangnya untuk 2,5 juta pekerja setiap minggu. Transfer tahap pertama dilakukan saat peluncuran besok.

Kemenaker menganggarkan Rp37,87 triliun dengan target 15.725.232 pekerja terdampak Covid-19. Besaran BSU yang diberikan Rp600.000 per bulan selama empat bulan.

“Mudah-mudahan program ini benar-benar membantu, pertumbuhan ekonomi kita kembali normal, kemampuan daya beli teman-teman pekerja akan ada tambahan,” ujar mantan Ketua Fraksi PKB DPR ini.

Pos terkait