Jokowi Tinjau Langsung Uji Vaksin Covid-19

  • Whatsapp
uji vaksin covid-19
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat acara penyaluran dana bergulir untuk koperasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 23 Juli 2020. Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyiapkan dana bergulir sebesar Rp 1 triliun untuk disalurkan kepada koperasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional yang terdampak Covid-19. Foto : ANTARA

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pelaksanaan uji klinis tahap ketiga dari vaksin Covid-19 yang dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat, Selasa, (11/8). Sebanyak 1.620 relawan ikut serta dalam uji klinis ini.

“Kita berharap uji klinis yang ketiga ini nantinya ia akan diselesaikan dalam 6 bulan ini,” kata Jokowi usai peninjauan.

Bacaan Lainnya

Vaksin Covid-19 yang diuji coba ini merupakan hasil dari pengembangan yang dilakukan oleh Bio Farma dengan perusahaan asal Cina, Sinovac. Setelah tahap penelitian di Cina, vaksin kemudian dibawa ke Indonesia pada bulan lalu untuk diuji klinis di Bandung.

“Kita harapkan nanti, Inshaallah, di bulan Januari sudah bisa memproduksi dan sekaligus juga kalau produksinya sudah siap langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di tanah air,” kata Jokowi.

Adapun untuk produksi vaksin Covid-19, Jokowi mengatakan untuk target awal vaksin Bio Farma ini diharapkan bisa memproduksi sekitar 100 juta vaksin pada Agustus ini. Di akhir tahun 2020 diharapkan produksinya sudah meningkat menjadi 250 juta vaksin. “Artinya vaksin inilah nanti yang akan digunakan untuk vaksinasi di tanah air,” ujar kepala negara.

Pos terkait