Jurnalis TV Gelar Bedah Video Karya Peserta Klinik Jurnalistik

  • Whatsapp

BANDA ACEH – Associate Producer Kompas TV Aceh, Davi Abdullah membedah lima video jurnalistik televisi hasil karya dari para peserta Klinik Jurnalistik angkatan ketiga prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Lima karya video jurnalistik tersebut merupakan hasil dari pembelajaran peserta selama mengikuti program pelatihan Klinik Jurnalistik di Banda Aceh, Sabtu-Minggu (21-22/12).

Dalam materinya, ia menyampaikan berbagai Teknik dalam pengambilan gambar yang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik televisi.

“Sebuah karya yang bagus haruslah memperhatikan momen dan sudut pengambilan gambar yang baik,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa visual dalam video sangat menarik untuk dilihat ketika alur cerita dan fakta yang disampaikan bisa dikemas dalam sebuah karya jurnalistik.

Selain itu, Davi Abdullah juga mengatakan bahwa pengetahuan yang luas serta rasa ingin tahu terhadap suatu hal akan membentuk karakter seseorang untuk menjadi jurnalis handal.

“Jika ia mempunyai kepekaan terhadap kejadian disekitar, maka sebagai seorang jurnalis itu harus mengolahnya menjadi sebuah berita seperti video jurnalistik,” sebutnya.

Adapun 50 peserta dari pelatihan ini dibagi kedalam lima kelompok untuk dibimbing saat melakukan peliputan di lapangan yang dikoordinir oleh para panitia.

Sebelumnya, Arif Ramdan yang merupakan jurnalis senior dan dosen KPI UIN Ar-Raniry juga mengisi pelatihan ini dengan materi penulisan jurnalistik.

Sementara itu, Ketua panitia Fajri Ilham mengatakan program Klinik Jurnalistik ini telah berlangsung tiga angkatan, yakni angkatan pertama pada Oktober 2018, kedua pada April dan Angkatan ketiga pada Oktober 2019.

“Klinik jurnalistik merupakan salah satu agenda tahunan yang di buat oleh Prodi KPI untuk memajukan pengetahuan dan skill mahasiswa seperti yang sedang berproses sekarang,” sebutnya.

Program Klinik Jurnalistik ini didukung oleh Perum LKBN Antara Biro Aceh, Serambi Indonesia, Kompas TV, Wasatha.com, Sumberpost.com, Acehsatu.com, Acehasia.com dan Radio Komunitas Assalam. (*)

Pos terkait