Kanada Putuskan Mundur dari Olimpiade 2020

  • Whatsapp
olimpiade tokyo 2020
Bendera Kanada. Foto : Panditfootball

TORONTO – Wabah virus Corona baru atau Covid-19 membuat nasib Olimpiade Tokyo 2020 masih belum jelas. Ada beberapa opsi yakni berlangsung sesuai jadwal, ditunda atau bahkan dibatalkan.

Melihat semakin luasnya penyebaran Covid-19, Kanada mendesak IOC untuk menunda Olimpiade dan Paralimpiade selama setahun.

Bacaan Lainnya

Kanada telah memutuskan tidak akan mengirimkan perwakilan alias memboikot Olimpiade 2020. Boikot akan dilakukan jika Olimpiade 2020 dan Paralimpiade 2020 tidak diundur.

Alasan Kanada tidak mau mengirimkan tim sama sekali karena kekhawatiran akan ancaman virus corona Covid-19. Keputusan ini diambil setelah diskusi bersama dengan asosiasi atlet.

Baca Juga : Olimpiade 2020 Tetap Akan Digelar Ditengah Wabah Corona

“Komite Olimpiade Kanada (COC) dan Komite Paralimpik Kanada (CPC), yang didukung oleh Komisi Atlit, Organisasi Olahraga Nasional, dan Pemerintah Kanada, telah membuat keputusan sulit untuk tidak mengirim tim Kanada ke Olimpiade dan Paralimpik di musim panas tahun 2020,” demikian pernyataan resmi COC.

Pandemi virus Corona Covid-19 memang semakin parah saja pada pengujung Maret 2020. Lebih dari 160 negara sudah terinfeksi virus corona.

Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade Tokyo 2020 juga direpotkan dengan terjangan wabah ini, meski jumlah korban jiwa tak sebanyak Italia dan China.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) masih belum memutuskan nasib Olimpiade Tokyo 2020. Mereka memilih menunggu situasi penyebaran Covid-19.

IOC tidak mau tergesa-gesar. Masih ada periode selama empat minggu untuk berdiskusi tentang penundaan. Olimpiade Tokyo 2020 seharusnya berlangsung mulai 24 Juli 2020.

Pos terkait