Kapal Nyaris Tenggelam, Nelayan Aceh Utara Selamatkan Imigran Rohingya

  • Whatsapp
imigran rohingya
Puluhan pengungsi Rohingya yang terdampar di perairan Aceh Utara, dibawa menuju TPI Bayu, Kecamatan Syamtalira Bayu, Rabu (24/6/2020).

ACEH UTARA – Para imigran Rohingya dari Myanmar nyaris tenggelam bersama kapal barang yang mereka tumpangi di perairan Seunuddon, Aceh Utara. Mereka berhasil diselamatkan nelayan Aceh Utara yang melintas di lokasi kejadian.

“Telah ditemukan satu (satu) Kapal KM. Nelayan 2017.811 yang mengangkut WNA (warga negara asing) di lokasi lebih kurang 4 mil dari pesisir Pantai Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara. Saat ini, kapal bersama puluhan penumpangnya masih berada di laut,” kata Kapolsek Seunuddon, Iptu M Jamil kepada awak media, Rabu (24/6/2020).

Bacaan Lainnya

Iptu Jamil menyebutkan, kurang lebih ada 94 penumpang imigran yang semuanya warga negara asing (WNA) di kapal tersebut. Mereka sebelumnya naik kapal barang yang nyaris tenggelam pada Senin (22/6/2020) sekitar pukul 18.30. WIB.

Saat bersamaan melintas KM Nelayan 2017.811 dengan tiga anak buah kapal (ABK) masing-masing  Faisal (40) warga Matang Bayu, Aceh Utara; Abdul Azis (40) warga Idie Rayeuk; dan Raja (30) warga Ulee Rubek Barat, Aceh Utara.

“Mereka melihat kapal barang mau tenggelam dan selanjutnya ABK atas nama Faisal dan dua rekannya membantu mengevakuasi WNA di kapal itu,” kata Iptu Jamal.

Dari hasil pendataan, ada 94 WNA yang diduga pengungsi Rohingya. Mereka terdiri atas laki-laki dewasa 15 orang, perempuan dewasa (49), dan anak (30). “Selanjutnya, puluhan WNA tersebut dibawa menuju TPI Bayu, Kecamatan Syamtalira Bayu, Aceh Utara.

Kapal Nelayan 2017 .811 ini mengalami rusak dari pesisir pantai Seunuddon lebih kurang 4 mil,” katanya. Saat ini, tim gabungan TNI-Polri berada di lokasi kejadian untuk melakukan pendataan. []

Pos terkait