Kasus Corona Indonesia Mencapai 172.053

  • Whatsapp
Mural bertema corona. Foto : CNN Indonesia

JAKARTA – Kasus positif virus corona (covid-19) di Indonesia bertambah 2.858 pada Minggu (30/8). Dengan demikian, angka kumulatif kasus covid-19 di Indonesia sejauh ini mencapai 172.053 kasus positif terinfeksi virus corona.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 124.185 di antaranya telah dinyatakan sembuh, dan 7.343 orang telah meninggal dunia akibat terinfeksi virus corona. Data tersebut diunggah di situs covid19.go.id dan kemkes.go.id.

Bacaan Lainnya

Jumlah orang yang sembuh bertambah 1.383 dari hari sebelumnya. Sementara pasien yang meninggal dunia usai terinfeksi covid-19 bertambah 82 orang.

Pemerintah masih terus mengimbau masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan. Terutama ketika beraktivitas di area publik. Tentu guna menekan laju penularan virus corona.

Demi kepatuhan terhadap protokol kesehatan, pemerintah ingin memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar. Sanksi diatur dalam Inpres No. 6 tahun 2020.

Presiden Jokowi mengatur beragam sanksi bagi masyarakat yang melanggar penerapan protokol kesehatan. Diantaranya teguran lisan atau tertulis, kerja sosial, denda administratif, penghentian atau penutupan sementara penyelenggaraan usaha.

Jokowi menegaskan bahwa sanksi tersebut berlaku bagi perorangan, pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.

Dalam inpres yang sama, TNI dan Polri juga dilibatkan dalam penegakkan protokol kesehatan di masyarakat. TNI dan Polri akan memberikan dukungan personel kepada pemerintah daerah.

Pos terkait