Keinginan Abdya Punya Jalan Dua Jalur Akhirnya Terwujud

  • Whatsapp
lokasi pembangunan jalan dua jalur abdya
Lokasi pembangunan jalan dua jalur di Kabupaten Abdya. Foto: Wahyu Mk - Kanalinspirasi.com

ABDYA – Jalan dua jalur di Aceh seakan menjadi simbol sebuah kota, sehingga tidak heran ketika sebuah Kabupaten yang tidak memilikinya dinilai oleh sebagian orang sebagai wilayah yang masih tertinggal.

Jika wilayah Kabupaten/Kota lain di Aceh sudah lama punya jalan dalam kota yang dua jalur, maka di Abdya hal tersebut masih dalam proses, akan tetapi sudah masuk tahap pengerjaan dengan anggaran dari APBN murni senilai Rp 12.5 Milyar lebih untuk tahap awal sepanjang 1 km mulai dari Jembatan Pulau Kayu hingga Gampong Ujung Padang di Kacamatan Susoh.

Bacaan Lainnya

Pekerjaan yang sudah mulai tampak sejak, Senin (18/03/19) adalah pelebaran jalan dan penebangan pohon-pohon seperti yang terlihat di sekitar RSU Teungku Peukan yang menjadi fokus awal proyek tahap pertama ini.

Berdasarkan pantauan media ini, rencananya akan dibangun sepanjang 13 Km sebagaimana diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Abdya, Much. Tavip kepada media ini,

“Diawali dari simpang Cot Mane, Kecamatan Jeumpa lalu menuju Blangpidie via Susoh,” Terangnya.

Sementara saat ini jalur yang paling banyak dilalui kendaraan adalah jalan pintas dari simpang Cot Mane via Ladang Neubok yang berjarak hanya sekitar 3.5 km ke kota Blangpidie.

Disamping itu media ini sempat mewawancarai salah seorang warga setempat tentang pendapat pembangunan jalan tersebut, “Sebenarnya jalan yang akan dibangun saat ini jarang dilalui kendaraan lintas wilayah, jadi tidak terlalu sibuk,” Ungkap Deni.

Sementara pemerintah melalui pernyataannya di beberapa media menganggap bahwa jalur tersebut akan justru sangat sibuk karena merupakan akses menuju Bandara Kuala Batu dan RSU Teungku Peukan. (wmk/dan)

Pos terkait