Kejari Aceh Besar Musnahkan Barang Bukti Narkotika jenis Sabu dan Ganja

  • Whatsapp
sabu dan ganja
Pemusnahan Barang Bukti Perkara Narkotika jenis Sabu di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Besar di Kota Jantho, Rabu (20/11) poto: Deddy Ridwan/Kanalinspirasi.com

ACEH BESAR – Sejumlah 2.118,24 gram Narkotika jenis Sabu dan 4. 241,78 gram Ganja dimusnahkan, Rabu (20/11) di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Besar di Kota Jantho.

Proses pemusnahan sabu dilakukan dengan meleburkan dalam larutan alkohol dan diblender, kemudian dicampur air sebelum dikubur kedalam  tanah. Sementara narkotika jenis ganja dimusnahkan dengan dibakar, berikut barang bukti puluhan telpon seluler yang disita dari pelaku pengedar narkotika.

Bacaan Lainnya

Kepala kejaksaan negeri Aceh Besar, Mardani SH menyampaikan narkotika yang dimusnahkan merupakan barang bukti 96 perkara, yakni 85 perkara sabu dan 11 perkara ganja.

“Ini merupakan barang bukti perkara narkotika dalam kurun waktu sejak Januari hingga awal November 2019,” jelas Kajari.

Selain dari kasus narkotika, juga dilakukan pemusnahan barang bukti puluhan paket rokok import ilegal dari perkara tindak pidana  kepabeanan, serta obat-obatan dan kosmetik yang tidan memiliki izin edar BPOM. Termasuk barang bukti dari perkara Jinayah.

Pemusnahan Narkotika jenis Ganja, HP, Obat dan Kosmetik ilegal di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Aceh Besar di Kota Jantho, Rabu (20/11) Foto : Deddy Ridwan/Kanalinspirasi.com

“Dengan pemusnahan ini, tidak ada lagi barang bukti tersisa di gudang barang bukti kejari Aceh Besar,” lanjut Mardani.

Barang bukti ini, kata Kajari, merupakan sampel untuk perkara yang telah mendapatkan ketetapan hukum tetap. Sebelumnya, barang bukti lain telah dimusnahkan di instansi penegak hukum yang menangani perkara bersangkutan.

“Memberantas narkoba tidak hanya tugas pemerintah dan penegak hukum, namun memerlukan partisipasi semua pihak khususnya masyarakat,” tutur Mardani, Kajari Aceh Besar.

Sementara Kepala Kesbangpol Aceh Besar, Sofian SH menyebut perkara narkotika khususnya jenis sabu mengalami peningkatan. Untuk menekan peredaran narkoba, Kesbangpol Aceh Besar terus menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat di sejumlah kecamatan.

“Melalui sosialisasi bahaya dan pemberantasan narkoba kita mengajak masyarakat berperan aktif  dalam perang melawan narkoba,” kata Sofian.

Pemusnahan barang bukti ini turut dihadir perwakilan BPOM RI wilayah Aceh, Bea Cukai Aceh, Pengadilan Negeri Jantho, Mahkamah Syariah Aceh Besar, Sekwan DPRK Aceh Besar serta perwakilan Polres Aceh Besar. (*)

Pos terkait