Keliling Gampong, Muspika Nisam Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona

  • Whatsapp
covid-19

ACEH UTARA – Upaya pencegahan penyebaran virus corona atau covid-19 tidak hanya dilakukan tingkat kabupaten. Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Nisam, Aceh Utara juga kian gencar- gencarnya menyosialisasikan pencegahan penyebaran virus corona.

Kegiatan sosialisasi tersebut melibatkan semua unsur di Kecamatan Nisam di antaranya Danramil, Polsek, Puskesmas dan juga tokoh masyarakat. Rute sosialisasi dengan menggunakan mobil pengeras suara itu dimulai dari kantor camat setempat dan berkeliling ke 29 Gampong di kecamatan itu.

Bacaan Lainnya

Camat kecamatan Nisam Ibnu Khattab, Kamis (19/3) mengatakan sosialisasi dilaksanakan sebagai tindaklanjut rapat koordinasi di tingkat kabupaten dan instruksi dari Gubernur Aceh melalui surat edaran nomor 440/4820 tahun 2020 tentang cegah virus corona melalui ibadah dan perilaku hidup sehat serta surat edaran dari Bupati Aceh Utara dengan nomor 800 tahun 2020 tentang aktivitas ASN untuk kesiagaan dan pencegahan penyebaran virus corona.

Baca Juga : Iskandar Ali: Jangan Karena Corona Kita Tidak Sholat Jumat

“Untuk sementara surat edaran itu sudah kita teruskan ke 29 gampong di Kecamatan Nisam. Untuk pencegahan lebih maksimal kami melakukan sosialisasi dan membagi brosur cara pencegahannya dan ciri-ciri orang yang terkenak virus Corona,” kata Ibnu.

Ibnu Khattab mengimbau agar masyarakat perlu mengenali gejala-gejala klinis virus corona dan upaya pencegahannya, mewaspadai orang yang baru datang dari daerah lain, serta mengurangi kontak langsung di tempat umum dan melaksanakan aktivitas seperti biasanya.

“Masyarakat jangan panik dan resah. Karena virus ini bisa dicegah,” ucapnya.

Menurutnya, cara mencegahnya adalah dengan menjaga kebugaran tubuh melaui gerakan masyarakat hidup Sehat (GERMAS), serta asupan makan dengan gizi yang seimbang serta istirahat cukup, jaga kebersihan lingkungan dan gunakan masker saat batuk.

“Mulai sekarang laksanakan pola hidup sehat, dan biasakan cuci tangan,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Nisam Armansyah.SKM.MSM menyampaikan detail tentang virus corona. Mulai dari cara mengenali, pencegahan, berinteraksi, dan lain- lainnya.

Dijelaskan, Virus Covid-19 atau Virus Corona merupakan penyakit infeksi pada saluran pernafasan yang bisa berakibat fatal. Virus ini ditandai dengan demam 38 derajat celsius, batuk, pilek, sakit tenggerokan, lemah lesu dan sesak nafas.

“Bagi masyarakat yang mengalami ciri-ciri seperti itu harap segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau bidan terdekat,” pesannya.

Selain sosialisasi dengan menggunakan pengeras suara, juga membagikan selebaran pencegahan penyebaran virus Corona dan ciri-ciri orang yang terjangkit penyakit tersebut, pembagian brosur itu di lakukan oleh tim dari Puskesmas, Camat Nisam, Kapolsek Nisam Iptu Sapruddin, dan Danramil Nisam Letda Saifullah. (*)

Pos terkait