Kena Corona di Jepang, 4 ABK Diamond Princess WNI Dinyatakan Sembuh

  • Whatsapp
78 wni jepang wni corona covid-19
Indonesia terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Jepang terkait kemungkinan penjemputan 178 WNI di atas kapal pesiar Diamond Princess. Foto/REUTERS

JAKARTA – Empat WNI para kru yang bekerja di kapal pesiar Diamond Princess dinyatakan sembuh dari virus corona baru, Covid-19. Empat WNI ini merupakan bagian dari sembilan ABK yang dikarantina di dalam kapal pesiar di Jepang.

Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri Indonesia, Judha Nugraha mengatakan, satu dari empat WNI yang sudah dinyatakan sembuh, ikut dalam evakuasi yang dilakukan pemerintah pekan lalu.

Bacaan Lainnya

“Dari total sembilan kru WNI Diamond Princess yang positif Covid-19, empat diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Satu dari empat kru tersebut sudah pulang bersama pesawat evakuasi. Sedangkan tiga lainnya masih ada di Yokohama,” ucap Judha pada Kamis (5/3).

Ketika ditanya apakah ketiga WNI yang saat ini masih di Yokohama akan dipulangkan ke tanah air, Judha menuturkan, ketiganya akan dipulangkan dan proses pemulanganya saat ini tengah dibahas dengan pihak perusahaan yang mempekerjakan para WNI tersebut.

“Akan dipulangkan. Kedutaan Besar Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan perusahaan kapal akan fasilitasi kepulangannya,” ungkapnya.

Seperti diketahui, akhir pekan lalu, 69 dari 78 WNI, yang semuanya bekerja sebagai kru kapal itu, dipulangkan ke tanah air. WNI yang tidak dievakuasi, adalah mereka yang menjalani perawatan setelah terinfeksi virus Corona dan mereka yang memutuskan untuk tinggal.

Pos terkait