Kenalkan Seni Budaya Pada Generasi Milenial, Iskandar Ali Gelar Pelatihan Seudati 

  • Whatsapp
iskandar ali mengadakan pelatihan tarian seudati
Tim Seudati sedang melaksanakan latihan, Minggu (24/05/19) malam. Foto: Doc Kanalinspirasi.com

ACEH BESAR – Kelompok masyarakat yang menamakan diri Seniman Peduli Seudati Aceh menggelar latihan di area Tower gampong Klieng Meuria, Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar, Minggu (24/03/19) malam.

Latihan yang diikuti sejumlah group Seudati dibawah asuhan pelatih Seudati Syech  Wan Buraq, mengundang antusias masyarakat untuk menyaksikan, Warga sangat tertarik menyaksikan salah satu seni budaya Aceh warisan indatu tersebut.

Bacaan Lainnya

Pelatihan tarian Seudati ini di prakarsai tokoh masyarakat Aceh Besar Iskandar Ali, yang merasa terpanggil untuk melestarikan dan memperkenalkan kesenian Aceh ini kepada generasi muda, Karena menurutnya banyak remaja Aceh generasi milenial saat ini yang tidak mengetahui kesenian budaya seperti tari Seudati.

“Perkembangan tehnologi saat ini dimana semua serba gadget, membuat banyak generasi milenial lupa bahkan tidak mengenal seni budaya Aceh seperti Seudati. Pelatihan ini adalah salahsatu upaya kita melestarikan dan memperkenalkan Seudati kepada generasi muda,” sebut Iskandar.

Pelatihan seudati ini juga sebagai bentuk pembinaan kepada group-group Seudati di Aceh Besar yang selama ini  kurang mendapat perhatian pemerintah, Sehingga group Seudati yang ada umumnya beranggotakan seniman senior yang sudah berusia lanjut.

“Kita berharap pemerintah pemerintah memberi perhatian dan perhatian lebih kepada seniman Seudati Aceh. Termasuk mengadakan even yang menampilkan kesenian Aceh, sehingga lebih dikenali generasi milenial khususnya di Aceh Besar,” harap Iskandar.

Seudati Seni Tarian Tertua di Aceh 

Tari Seudati adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari Aceh, Tarian ini dibawakan oleh sekelompok laki-laki. Gerakan tarian ini sangat khas dan enerjik, serta diiringi oleh lantunan syair dan nada.

Tarian ini dibawakan sambil berdiri. Tari Seudati ini sudah terkenal di Aceh maupun nasional. Tarian Seudati ini melambangkan keteguhan, semangat, serta jiwa kepahlawanan seorang pria Aceh.

Dahulu, tari seudati juga digunakan sebagai sarana penyebaran dakwah agama islam. Hal itu disebabkan karena dalam syair tari seudati disisipkan nilai-nilai ajaran agama Islam.


Reporeter: Dhanil
Editor: Tim Redaksi

Pos terkait