Kepala Desa di Aceh Ajak Seluruh Anak Yatim di Kampung Belanja Baju Lebaran

  • Bagikan
Keuchik Riazil mengajak anak Yatim Gampong Lamteumen Timur, Banda Aceh, beli baju lebaran, Kamis, 28 April 2022. Foto: DR/ kanalinspirasi

Kanalinspirasi.com, BANDA ACEH – Kecerian terpancar dari wajah puluhan anak yatim saat memilih baju baju di salah satu pusat perbelanjaan di Kota Banda Aceh, Kamis 28 April 2022.

Beberapa anak bahkan terlihat terharu dan bingung memilih baju, karena ada yang sudah lama tidak pernah membeli pakaian baru sejak sang ayah meninggal dunia.

Mereka merupakan anak yatim dari Gampong Lamteumen Timur, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh. Pemerintah desa menggelar kegiatan sosial menarik di bulan Ramadhan ini menyambut hari Raya Idul Fitri dengan mengajak anak belanja baju lebaran ke mall.

Beberapa aparat gampong, dengan penuh kesabaran mendampingi memilih baju lebaran, sesuai keinginan dan selera dari anak-anak yatim tersebut.

Kepala Desa atau di Aceh disebut “Keuchik” Gampong Lamteumen Timur, Riazil. S.Sos mengatakan, pihaknya mengajak 44 anak-anak yatim dari lima dusun dengan usia maksimal tingkat SMP.

Menurutnya, kegiatan bertema “Senyum Anak Yatim Menyambut Lebaran” ini merupakan bentuk kewajiban dan tanggung jawab pemerintah gampong, agar anak-anak yatim juga bisa merayakan hari raya dengan penuh suka cita, seperti anak-anak lainnya yang masih memiliki kedua orang tua.

“Ini bentuk tanggung jawab kami sebagai orang tua asuh bagi anak-anak yatim di gampong, agar mereka juga bahagia menyambut lebaran,” kata Riazil.

Anak-anak yatim, lanjutnya, bebas memilih sendiri baju baru yang diinginkan, dan seluruhnya ditanggung pemerintah gampong.

“Kegiatan ini berkat partisipasi seluruh warga gampong dan donasi dari sejumlah pihak, tanpa adanya paksaan sumbangan. Alhamdulillah semua mendukung,” jelas Keuchik Riazil.

Program membeli baju lebaran untuk anak yatim telah dilaksanakan pada tahun lalu, saat Keuchik Riazil masih menjabat kepala dusun.

Selain membeli baju lebaran, para kepala dusun di Gampong Lamteumen Timur juga menyerahkan santunan hari raya untuk anak-anak yatim tersebut.

“Insya Allah program ini akan kita lanjutkan di tahun mendatang, tentunya dengan dukungan semua pihak,” pungkasnya.(*)

  • Bagikan