Ketua Forbes DPR-DPD RI Asal Aceh, Siap Perjuangkan Moratorium Pemekaran CDOB

  • Whatsapp
cdob aceh malaka
Tim pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Aceh Malaka menyerahkan berkas kelengkapan pemekaran Aceh Malaka kepada Ketua Forbes DPR-DPD RI Nasir Djamil di Krueng Geukueh, Kamis malam (5/3). Kanal Inspirasi/Rahmat Mirza

ACEH UTARA – Tim pemekaran Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Aceh Malaka bersama perwakilan camat, keuchik, mukim, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda/GP-PAM dalam wilayah CDOB Aceh Malaka yang meliputi Kecamatan Dewantara, Muara Batu, Sawang, Bandar Baro, Nisam, dan Nisam Antara melakukan pertemuan dengan Ketua Forbes (Forum Bersama) DPR-DPD RI, Nasir Djamil di Krueng Geukueh, Aceh Utara, Kamis malam (5/3).

Ketua Forbes DPR-DPD RI, Nasir Djamil mengatakan, pembentukan CDOB Aceh Malaka dinilai penting untuk dilakukan pemekaran. Dikarenakan, jauhnya rentang kendali pemerintah, pertumbuhan penduduk dan pemerataan pembangunan bisa menjadi alasan lahirnya CDOB seperti Aceh Malaka.

Menurutnya, berkas kelengkapan administrasi yang telah disiapkan panitia CDOB Aceh Malaka Sudan memenuhi standar, slarat dan ketentuan. Terkait CDOB di level pusat masih terjadi pro kontra sejak adanya moratorium pemekaran daerah baru.

Kebijakan moratorium pemekaran daerah baru dari pusat, harus mempunyai kesabaran tinggi serta memacu kecepatan melakukan manuver agar segera terwujud.

“Saya berkeyakinan bahwa dalam dua tahun ke depan dorongan politik ini akan mampu membuat Presiden intuí mencabut moratorium terkait pemekaran beberapa CDOB,” ujar Nasir Djamil.

Menurutnya, DPR punya kewenangan legeslasi, meskipun moratorium ini masih di berlakukan,  kita menyakini harapan masyarakat di enam kecamatan ini segera tercapai. Seperti yang sedang diwacanakan di Papua, kalas benar pemekaran di daerah tersebut akan sager terealisasi, kata Nasir Djamil.

“Aceh dan Papua harus di bedakan dengan daerah lain, itu yang ingin diperjuangkan dan kita sampaikan hal tersebut kepada pemerintah pusat oleh Forbes DPR-DPD RI asal Aceh,” pungkasnya. (*)

Pos terkait