Ketua P2K : Jalan Babahrot – Gayo Lues Harus Tuntas 2020

  • Whatsapp
ahmad dadek
Ketua P2K Pemerintah Aceh, Teuku Ahmad Dadek saat mensidak pembangunan Jalan Babahrot-Gayo Lues, Senin (25/11). Foto : Doc Pri

ABDYA – Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekda Aceh, Teuku Ahmad Dadek, yang juga Ketua Tim Pengendali dan Percepatan Kegiatan (P2K), menekankan pengerjaan Jalan Gayo Lues – Babahrot Kabupaten Aceh Barat Daya harus tuntas pada tahun 2020.

“Rencana akan kita lelang dalam waktu dekat ini,” ujar Dadek di sela kunjungan lapangan di perbatasan Gayo Lues – Babahrot untuk meninjau pembangunan jalan dari dana Otsus tahun anggaran 2019, Senin (25/11).

Bacaan Lainnya

Pembangunan jalan di kawasan dengan ketinggian 3000 mdpl itu menggunakan dana APBA dengan nilai kontrak Rp. 19.34 miliar dengan panjang pengaspalan 3.9 kilometer.

Jalan Gayo Lues – Babahrot itu merupakan akses yang menghubunghkan Kabupaten Gayo Lues dengan Aceh Barat Daya. “Nantinya diharapkan dapat melancarkan arus transportasi barang hasil pertanian guna meningkatkan taraf perekonomian masyarakat,” ujar Dadek.

Jalan tersebut, lanjut Dadek, sama pentingnya dengan ruas jalan yang menghubungkan Pidie – Meulaboh sehingga arus transportasi kedua wilayah dapat berjalan dengan mulus.

Dadek menekankan pihak rekanan untuk menyelesaikan pengaspalan jalan tersebut pada 10 Desember 2019. “Saya akan datang lagi ke sini untuk memastikan aspal bisa selesai,” ujar Dadek.

Lebih lanjut Dadek juga menyarankan kepada Kabid Dinas PUPR Aceh Mawardi agar pada 2020 juga harus dibangun drainase untuk mengarahkan aliran air dari lereng bukit agar tidak menggerus aspal yang ada. Selain itu, jalan yang sudah sedikit berlubang akibat tonase truk pengangkutan material untuk segera diperbaiki.

“Pemerintah Aceh sedang berusaha agar APBA terutama dari dana otsus dapat dijalankan sesuai dengan visi dan misi Gubernur Aceh sehingga tranportasi wilayah tengah dengan pesisir Aceh dapat diakses dengan baik sehingga transportasi barang, orang dan hasil pertanian dapat meningkatkan perekonomin masyarakat,” tuturnya. (*)

Pos terkait