Keturunan Raja Daya Gelar Prosesi Adat Seumeunap dan Seumeuleung

  • Whatsapp
Seumeunap dan Seumeuleng Raja Daya
Suasana Prosesi Upacara Adat Seumeunap dan Seumeuleng Raja Daya di Aceh Jaya

ACEH JAYA –¬†Raja Daya melaksanakan kegiatan prosesi Adat Seumeunap dan Seumeuleng yang berlangsung di Komplek Makam Poe Teumeureuhom Desa Gle Jong Kecamatan Indra Jaya, Aceh Jaya, Selasa (13/8).

Selain dihadiri keturunan Raja-Raja Aceh kegiatan yang dilaksanakan setahun tahun sekali tersebut  juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Aceh Jaya serta SKPK sebagai tamu kehormatan.

“Kegiatan ini di laksanakan sebagai bentuk mengenang kembali proses adat yang pernah di lakukan oleh raja Daya dalam menjamu tamu kehormatan serta Raja-Raja dari kerajaan lainnya,” kata Saifullah, Keturunan Raja Daya yang menjadi pemimpin proses pelaksanaan kegiatan tersebut.

Kegiatan ini, kata Saifullah, merupakan agenda rutin setiap tahun yang dilaksanakan bertepatan dengan hari raya Idul Adha, sebagai upaya mempererat jalinan silahturrahmi sesama masyarakat di dalam kawasan kerajaan Daya atau Lamno Daya.

“Proses adat ini bertujuan agar kazanah adat kerajaan tidak terlupakan oleh generasi Aceh selanjutnya dan ini layak dan pantas di lestarikan,” ungkapnya.

 Seumeunap dan Seumeuleng Raja Daya

Sementara Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB menyebut kegiatan ini harus di upayakan untuk tetap dilaksanakan dalam menyampaiakan kepada generasi muda bahwa Aceh Jaya memiliki nilai historis yang luas biasa. Selain itu menurutnya, bangunan-bangunan juga perlu di tingkatkan agar lebih terjangkau dan terfasilitasi kegiatan Seumeunap dan Seumeuleng di waktu mendatang.

“Kita berharap, bukan hanya kegiatan adat ini saja yang perlu di lestarikan akan tetapi kegiatan adat-adat kerajaan lainnya juga perlu di kaji dan di upacarakan sebegini rupa,” tutur Irfan. (*)

Pos terkait