Kibarkan Bendera Star Gowes Meudiwana, Pj Bupati Muhammad Iswanto: Aceh Besar Terbuka untuk Pelaksanaan Olahraga Massal

  • Bagikan
Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, S.STP, MM saat di wawancara setelah kegiatan Ajang Funbike dengan titel ‘Gowes Meudiwana 2022’ itu diikuti lebih dari tiga ribu peserta, Minggu, (18/09/2022)

Kanalinspirasi.com, ACEH BESAR – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto SSTP MM kembali menyatakan komitmennya untuk memasyarakatkan olahraga bagi rakyat Aceh Besar. Untuk itu Pemkab Aceh Besar membuka diri bagi pelaksanaan olahraga massal di Aceh Besar, seperti funbike atau gowes massal, jelajah adventure hingga lari marathon sekalipun. “Melalui kegiatan itu kita ingin perkenalkan spot spot destinasi wisata di Aceh Besar, sebagai bagian membangkitkan ekonomi rakyat pasca pandemi Covid-19.”

Pernyataan Muhammad Iswanto itu dilontarka kepada awak media, sejenak mengibarkan bendera start bersepeda santai (Funbike) dalam rangka HUT ke-24 PAN yang dihelat oleh DPD PAN Aceh Besar, Minggu (18/09/2022) pagi. Ajang Funbike dengan titel ‘Gowes Meudiwana 2022’ itu diikuti lebih dari tiga ribu peserta.

Muhammad Iswanto kepada awak media mengatakan, atas nama Pemkab Aceh Besar dan pribadi, ia memberi apresiasi terhadap pelaksanaan Gowes Massal yang berlangsung sukses dan tanpa adanya insiden.

“Ajang ini layak diapresiasi, dan kami harap bukan hanya organisasi politik, namun juga lintas lembaga lain baik ormas hingga OKP dan LSM sekalipun, juga ikut melaksanakan kegiatan serupa di Aceh Besar. Kami terbuka untuk acara acara yang melibatkan masyarakat luas. Dan ini juga bagian dari upaya menghidupkan UMKM di setiap lokasi acara ,” tutur Iswanto yang ikut didampingi Sekda Aceh Besar, Drs Sulaimi MSi.

Menurut Iswanto, kegiatan itu juga menandakan kebangkitan masyarakat pasca pandemi Covid-19, dan juga untuk memasyarakatkan olahraga bersepeda di Aceh Besar. Untuk itu Iswanto menyatakan terimakasih kepada pihak PAN Aceh Besar yang telah menginisiasi acara gowes massal itu.

“Insya Allah jika memang memungkinkan dari sisi kondisi anggaran, Pemkab Aceh Besar akan menghelat event serupa di masa mendatang. Karena event itu juga berfungsi untuk memperkenalkan potensi wisata di Aceh Besar. Namun lebih dari itu juga sebagai bukti kita pulih lebih cepat bangkit lebih kuat,” tandas Iswanto.

Sementara Ketua DPD PAN Aceh Besar yang juga Ketua DPRK Aceh Besar, Iskandar Ali secara terpisah mengatakan, Gowes Meudiwana itu bukan hanya sekadar untuk merayakan HUT ke-24 Partai PAN, namun lebih jauh dari itu adalah untuk memberi kesempatan kepada masyarakat bangkit pasca Pandemi Covid-19. Selain itu juga bagian dari memasyarakatkan olahraga bersepeda, untuk kesehatan.

“Selain itu, bersepeda bukan hanya sekadar sehat, akan tetapi juga untuk menghemat secara ekonomi, di tengah kenaikan harga BBM saat ini. Jadi kalau tidak jauh perjalanan, mengapa tidak dengan sepeda saja, karena itu juga menghemat pengeluaran,” tutur Iskandar.

Kegiatan gowes itu diikuti langsung oleh Pj Bupati Aceh Besar, jajaran Forkopimda, Sekda Aceh Besar, para asisten dan staf ahli, Ketua DPD PAN sekaligus Ketua DPRK Aceh Besar, Pj Ketua PKK Aceh Besar Cut Rezky Handayani SSTP MM, serta tiga ribuan peserta lainnya.

Pj Bupati Iswanto dan jajaran Forkopimda menghabisi semua rute gowes sepanjang lebih kurang 13 kilometer, yakni dari Gedung Dekranasda Aceh Besar-Bundaran Cot Meuraja Blangbintang-Bundaran Lambaro dan kembali ke Gedung Dekranas.

Pj Bupati juga menyempatkan diri untuk memberikan hadiah doorprize bersama jajaran Forkopimda Aceh Besar sebelum meninggalkan lokasi acara menuju acara lainnya yang teah terskedul.

Sebelumnya gowes massal dengan melintasi medan pegunungan oleh 600 lebih rider Mountain Bike (MTB) juga telah diadakan di Waduk Keuleleng Aceh Besar. Kegiatan dengan jelajah rute sekitar 20 kilometer itu juga dibuka oleh Pj Bupati Muhammad Iswanto dengan mengibarkan bendera stari. Saat itu acara tersebut bertitel ‘Jejak 3’ dengan pendukung utama KONI Aceh Besar. Dan diikuti oleh para rider dari Banda Aceh, Aceh Besar serta daerah lain di Aceh hingga Sumatera Utara.

“Ini juga menjadi moment untuk memasarkan potensi wisata kita, karenanya sekali lagi kami menyatakan membuka diri untuk event event olahraga massal di Aceh Besar,” pungkas Iswanto.

  • Bagikan
Exit mobile version