Kisah Cinta SBY dan Ani Yudhoyono, Anak Militer Yang Menikahi Putri Sang Jendral

  • Whatsapp
ani yudhoyono meninggal dunia
Potret Kisah Cinta Asmara antara SBY dan Ani Yudhoyono Sampai Maut Memisahkan Mereka. Foto: Doc Pri

JAKARTA – Kristiani Herawati Yudhoyono atau yang lebih dikenal dengan Ani Yudhoyono menghembuskan napas terakhir pada Sabtu (1/6), pukul 11.50 waktu Singapura.

Istri Presiden ke-6 Indonesia ini telah dirawat di National University Singapura sejak Februari 2019, Mendiang Ani Yudhoyono meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker darah.

Bacaan Lainnya

Susilo Bambang Yudhoyono selalu menemani sang istri di rumah sakit selama menjalani perawatan. Keduanya telah bersama selama 43 tahun dan selalu terlihat mesra.

Bahkan kisah cinta abadi mereka hanya dipisahkan oleh maut, Susilo Bambang Yudhoyono berhasil meminang Ani Yudhoyono pada tahun 1976, SBY menceritakan kisah pertemuannya dengan Ani Yudhoyono dalam sebuah buku.

Melansir laman Tribunnews.com, Sabtu (1/6), SBY meluncurkan buku ‘SBY, Sang Demokrat’ pada tahun 2004, dan diterbitkan oleh Dharmapena Publishing.

Pertemuannya dengan Ani Yudhoyono pertama kali terjadi ketika suatu hari di sebuah acara di Balai Taruna.

Saat itu SBY duduk di tingkat empat Akabri. Pada acara tersebut, SBY harus melapor kepada Sarwo Edhie Wibowo, Gubernur Akabri, untuk sambutan peresmian balai Taruna.

Kisah cinta keduanya juga diceritakan oleh SBY saat hadir di acara Rosi, dan ditayangkan ulang di kanal Youtube KompasTV pada 13 Agustus 2016.

Berikut perjalanan cinta Ani Yudhoyono bersama SBY

1. 1973, Pertama Kali Berjumpa
Ani Yudhoyono dan Susilo Bambang Yudhoyono pertama kali berjumpa pada awal tahun 1973, di Magelang, Jawa Tengah. Ani Yudhoyono yang merupakan anak seorang Sarwo Edhie, Gubernur Akabri, sering terlihat di lingkungan Akabri, dan kerap bertemu dengan SBY.

SBY berasal dari Pacitan Jawa Timur, dan keduanya saling jatuh cinta pada pandangan pertama, Tak berselang lama, SBY dan Ani Yudhoyono menjalin asmara.

2. 1974, Pertunangan
Setelah menikah, keduanya harus menjalani hubungan jarak jauh. Ani harus tinggal dan kuliah di tingkat tiga Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI). SBY pun sering datang ke rumah Ani Yudhoyono, Pada Februari 1974, keduanya bertunangan, lantaran keduanya harus berpisah cukup lama.

Ani Yudhoyono mengikuti Sarwo Edhie untuk bertugas sebagai Duta Besar RI untuk Korea Selatan, sedangkan SBT harus belajar ke Amerika Serikat.

3. 1976, Pernikahan
SBY dan Ani Yudhoyono berpacaran selama 3 tahun, dan telah bertunangan terlebih dahulu. Keduanya menjalani hubungan jarak jauh, karena SBY harus belajar ke Amerika Serikat. SBY dan Ani Yudhoyono pun mengikat asmara dalam jalinan pernikahan pada 30 Juli 1976, Tak tanggung-tanggung, pasangan ini gelar pesta pernikahan bersama dengan saudari Ani Yudhoyono, Titi dan Tuti.

4. 2019, Maut memisahkan

SBY dan Ani Yudhoyono telah menikah hampir 43 tahun lamanya, Ani Yudhoyono selalu setia mendampingi sang suami selama bertugas di berbagai kondisi, Keduanya hanya terpisahkan oleh maut, setelah Ani Yudhoyono menghembuskan napas terakhir, Sabtu (1/6) sekira Pukul 11.50 Waktu Singapura.

Bahkan saat harus dirawat di rumah sakit, SBY selalu menemani Ani selama perawatan, tanpa pernah pulang ke Indonesia, sejak bulan Februari lalu. Cinta Abadi Ani Yudhoyono bersama dengan SBY hanya dipisahkan oleh maut. (*)

Pos terkait