Kobaran Api Kebakaran Pegunungan Aceh Besar Terlihat dari Banda Aceh

  • Whatsapp
Kebarakan hutan dan lahan aceh besar
Kebakaran area pegunungan Gampong Baet Meusagoe, Kecamatan Suka Makmur. foto: IST

ACEH BESAR –  Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali melanda kawasan kabupaten Aceh Besar, yakni area pegunungan Gampong Baet Meusagoe, Kecamatan Suka Makmur, Senin (5/8).

Kobaran api terlihat jelas dari kawasan Ulee Kareng kota Banda Aceh, sekitar pukul 19.20 Senin malam, yang menarik perhatian sejumlah masyarakat.

Bacaan Lainnya

Informasi yang diperoleh dari BPBD Aceh Besar, Petugas Damkar dari pos induk Sibreh sempat berupaya menuju lokasi kebakaran. Namun armada tidak bisa menjangkau lokasi karena tidak ada akses jalan yang bisa di lalui. Sementara lokasi kebakaran juga sangat jauh jika ditempuh dengan berjalan kaki.

“Area yang terbakar adalah pada ilalang dan jauh dari pemukiman warga, BPBD melakukan pemantauan.’’ sebut petugas BPBD dalam rilisi yang diterima Kanalinspirasi.com.

kebakaran hutan dan lahan
Foto: Ist

Sejak kemarin sejumlah insiden kebakaran lahan yang terjadi di kabupaten Aceh Besar. Yakni di Blang Mibo, Kecamatan Simpang Tiga, Minggu (4/8).

Sepanjang Senin juga kebakaran lahan di Gampong Paya Keureuleh, Kecamatan Lembah Seulawah, kemudian di Desa Sinyeu, Kecamatan Indrapuri, dan di Paya Ting, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar.

Sejumlah kejadian kebakaran lahan dan hutan ini disebabkan kondisi cuaca panas disertai angin yang berpotensi menimbulkan api. Masyarakat juga dihimbau untuk tidak melakukan pembakaran lahan maupun sampah tanpa pengawasan. (*)

Pos terkait